Apa itu RAB?

Assalamu'alaikum minna-san~ konnichiwa~
Wokeh kawan-kawan (berasa kayak channel Suara Chinnol sekarang ye), kali ini aku langsung aja tanpa ba-bi-bu karena kondisi badanku yang semakin memburuk (semoga nggak tertular virus itu). Apa itu RAB? RAB merupakan singkatan dari Rencana Anggaran Biaya. Yang memiliki defini sebagai perkiraan perhitungan atas banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan, alat dan upah serta biaya-biaya lainnya yang berhubungan dengan pelaksaan suatu pekerjaan atau proyek (dilansir dari bpsdm.pu.go.id).

RAB ini biasanya ya kawan dibuat sebelum suatu proyek dilaksanakan/dikerjakan, karena itu ia disebut rencana, bukannya kerja ataupun anggaran yang sebenarnya, yang berdasarkan pelaksanaan (actual cost).

Orang yang megerjakan perhitungan dan pembuatan RAB disebut estimator atau Quantity Engineer (QE) atau Quantity Surveyor (QS).

Sumber : Pixabay

Pelaksanaan suatu proyek tanpa adanya RAB dapat mengakibatkan pembengkakan biaya, dikarenakan pembelian bahan material bangunan yang tidak sesuai dengan volume pekerjaan, upah kerja tidak terkontrol, pengadaan peralatan/baran yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan berbagai dampak lainnya yang merugikan. Anggap saja gini, kalian pengen bikin rumah, tapi biaya kalian keluarkan justru malah setara dengan pembikinan gedung, kan rugi dong, iya gak boi??? 

Aku rasa sampai di sini aja kali ini catatan kali ini, aku mau istirahat karena dah kunang-kunang ini wkwkwk. Mohon maaf kalau ada salah kata, akhirul kata wassalamu'alaikum, dadah kawan~




Comments

  1. wah jadi bisa belajar ilmu teknik ni kalo sering sering kesini :D.. sebenernya ini ilmu simpel ya mas yang sering terjadi di kehidupan sehari, pengen bangun sesuatu biayanya harus ada perencanaan biar nantinya tidak rugi :D

    ReplyDelete
  2. Bukan cuma proyek sih, bikin rumah tanpa RAB juga bisa jebol, kirain habisnya cuma 200 juta, eh ternyata sampai 300 JT lebih.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul nih abang Warteg, nggak cuman buat proyek doang, buat bikin rumah pun juga perlu RAB sih sebenarnya biar nggak merugi.

      Delete
  3. Jadi di RaB ini yah yg sefing dimainin sama pemborong buat mainin anggarn

    ReplyDelete

Post a Comment

Komen aja, saya gak gigit kok :3