Ruang Belajar : Wadah Belajar Alternatif bin Ajaib di Masa Pandemi dan Yang Pasti Kekinian Banget Dah!



Assalamu'alaikum minna-san~ konnichiwa~ Wokeh gaes, kali ini aku mau bincang-bincang sedikitlah, perihal salah satu tempat yang selama enam bulan terakhir ini sering kutongkrongi. Eh-eh bentar dulu Syahid, bukannya di masa pandemi gini gak terlalu dianjurin buat keluar-keluar, apalagi sekarang PPKM buat makan di warteg aja susahnya minta ampun euy, ada waktunya 20 menit, udah kayak warnet aja ya kan? Jangan-jangan kalau misalnya waktunya udah mau habis, kita bisa nambah waktu lagi dengan nambah satu piring ya kan? aidenno. Balik lagi ke awal, tempat yang kutongkrongi ini bukan tempat offline kok kayak taman, kafe-kafe kekinian ataupun warung STMJ kaki lima di pinggiran jalan. Melainkan tempat online yang bernama Ruang Belajar. Penasaran apa itu Ruang Belajar? Haruslah, kalau kalian nggak penasaran aku jadi repot jadinya nanti mau ngelaporin apa aja yang aku lakuin bulan ini buat Ruang Belajar.

Jadi, menurut penjelasan yang tertera di web Disboard. Ruang Belajar merupakan wadah bagi Anda untuk belajar, berdiskusi dan memecahkan masalah bersama yang berkaitan dengan mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Kami menawarkan kepada Anda program pembelajaran yang bervariasi dari mata pelajaran berkaitan dengan SMP hingga tingkat Universitas serta berbagai bidang lain yang sering anda temukan di lembaga lembaga pembelajaran tersebut. Nah itu penjelasan yang tertera di web Disboard, yang udah jelas pasti dibikin oleh staff (yang mana kalau di server dipanggil akak-akak OSIS). Penjelasan aku ya jelas bedalah. Menurutku RB adalah tempat nongkrong bagi siswa, mahasiswa atau orang yang udah kerja untuk berbagi pengalaman dan keresahan bareng-bareng juga sebagai pelarian dari penatnya kehidupan, tugas-tugas, dedlen, masalah dan lainnya, pokoknya yang bikin resah dah. Ah iya, aku rasa bikin grup kelas di Discord lebih paten daripada bikin grup kelas di WA, kenapa? karena menurutku banyak banget fitur yang mendukung pembelajaran di Discord yang udah pasti belum tentu ada di WA. Tapi, yah itu pilihan para pendidik masing-masing, yang tadi cuman sekadar opiniku, jangan masukin dalam hati ya~ ^^.

Nah kawan-kawanku yang berbahagia maupun yang belum bahagia, Ruang Belajar memiliki beberapa fasilitas unik yang mungkin nggak dimiliki server-server discord kebanyakan, contohnya aja ya gaes adanya fasilitas ekstrakulikuler atau ekskul. Dengan adanya ekskul ini kujamin gak bakal bikin kalian bosen buat nimbrung di server ini (minimal seminggu sekali lah wkwkwk). Dan ekskul yang disediakan pun beragam, ada ekskul Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Psikologi, Tata Boga dan banyak lagi dah pokoknya, kalau gak percaya bisa lihat ae ke bawah, sudah aku skrinsyutin~

Tercatat tanggal 21 Agustus 2021, segini ekskulnya. Moga nambah lagi ya ke depannya ^^

Juga kalau ekskul jangan kira cuman cuap-cuap doang di teks channel atau di-voice channel-nya. Ekskul di sini juga sepaket sama pelatihnya yang bakal kalian bimbing kalian buat menekuni ekskul tersebut lebih dalam lagi dan juga pelatihnya ini gak kaleng-kaleng pastinya, udah bisa dibilang ahli dan khatam di bidangnya. Dan yang uniknya juga di sini juga ada ekskul tadarus. Bagi kalian pemburu nasi bungkus pas tadarus (saya ini wkwkwk) dan sekarang gak bisa ikut tadarusan gegara pandemi. Maka kalian bisa nyoba tadarusan online di sini ye kan? walaupun nggak ada nasi bungkusnya, tapi kalian tetap dapat kok pahalanya.

Oh iya, bagi kalian punya bakat ataupun hobi baik itu ngegambar, ngeedit foto video, ngedesain grafis, nulis cerpen, puisi ataupun lagu. Ruang Belajar juga nyediain teks channel buat kalian nunjukkin ke member-member Ruang Belajar (tercatat tanggal 21 Agustus 2021 13.00 WITA jumlah membernya 14.431 orang) kalau kalian punya karya. Nah kalau kalian bisa sampai mencapai vote reaction yang udah ditentuin (literatur 10 vote, art, media dan design 15 vote) maka karya kalian bakal diunggah ke story instagram Ruang Belajar.

Biasanya aku unggah puisi-puisiku di sini juga ^^


ini salah satu puisiku yang diunggah ke storygram Ruang Belajar

Jadi tunggu apalagi lah, langsung gas aja gabung Ruang Belajar. Gak ada ruginya juga pula selain menambah teman dan relasi, juga menambah pahala karena udah bikin aku senang wkwkwk. Di sini aku memiliki jabatan sebagai Community Ambassador, yang tugasnya nigerusuh saat ada penyambutan member/siswa baru dan nimbrung-nibrung gaje kalau ada yang lagi ngobrol-ngobrol. Dah lah ya gaes, aku rasa sampai sini aja dulu bahas-bahas soal Ruang Belajar, "eh berarti bakal ada lagi yah nanti?". Woh pastilah, bukan Syahid namanya kalau nggak bisa ngelebarin satu topik jadi banyak topik wkwkwk. Aku mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan, jangan dimasukkin ke dalam hati ya sis dna bre. Akhirul kata wassalamu'alaikum, dadah wakgeng (maaf om Chinnol, kata 'wakgeng'-nya saya pinjam bentar hehehe).

Dadah sisbre~


Comments

  1. Catatan : kalau pengen gabung bisa langsung klik aja tulisan diboard di atas yang warnanya merah muda

    ReplyDelete
  2. pemburu nasi bungkus pas tadarus, jadi ingat jaman kuliah aku hid hihi..jaman puasa pas asrama

    wah ternyata kamu dapat posisi strategis di fitur ini ya..keren banget #keplok keplok

    dan aku tercengang ada wadah buat yang punya karya juga...jadi kepo nih hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. buruan masuk mbak Gusti, kalau verifikasinya ada yang dibingungin bisa langsung tanya-tanya ke aku mbak ^^

      Delete
  3. Sya-Chan's promotion is just waaayyy on another level!! respect!! <3 ikutan posting ginian di blogku ahhh xixixi tenang kak Sya, no plagiat-plagiat kok :D

    ReplyDelete
  4. Padahal kalo ada nasi bungkus nya enak ya tapi sayangnya lagi ppkm. :3

    Ruang belajar ini dari ruang guru ya. Dulu waktu ikut prakerja bingung mau pilih pelatihan apa, akhirnya milih pelatihan bikin mie ayam modal 100k, masih sisa saldo 700k bingung mau ikut pelatihan apalagi, kalo tahu mah ikutan ruang belajar saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ruang Belajar ini bukan dari Ruang Guru kak, Ruang Belajar ini komunitas dari SMP sampai anak kuliah/kerja belajar bareng

      Delete
  5. wah boleh juga nih masgabung, bisa tambah-tambah ilmu dan pengetahuan ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabung mas Khanif, ditunggu kedatangannya di Ruang Belajar. Kalau ada kesulitan apa-apa bisa langsung bilang ke aku aja. Di sana nicknameku juga sama, Sya-chan.

      Delete
    2. siap mas, kalo gak ada kesibukan aku pasti gabung :D

      Delete

Post a Comment

Komen aja, saya gak gigit kok :3