Superhero : Sutopo Purwo Nugroho


Assalamu'alaikum minna-san, gimana kabarnya nih? semoga baik selalu. Untuk mengawali tulisan ini aku akan bertanya terlebih dahulu, kenalkah kalian dengan orang yang terdapat dalam foto di atas ini? Bagi kalian yang sering baca-baca berita ataupun sering main twitter buat nyari informasi mungkin gak asing dengan beliau atau mungkin lupa-lupa-ingat, berasa pernah lihat. Mari kuperkenalkan kepada kalian, nama beliau adalah almarhum Bapak Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB sekaligus seorang penyintas kanker paru-paru stadium 4B. Di sini aku akan menceritakan pertemuanku seorang superhero negeri ini yang berjuang memberikan pelayanan terbaik untuk kita seorang superhero yang menjadi sosok terdepan dalam memberikan informasi  bencana yang terjadi di Indonesia.

Semua berawal di tahun 2019-an, dari keinginanku yang ingin dilihat keren di mata temen-temen kalau aku main twitter, hal ini maklum karena di daerahku jarang ada yang bermain twitter, selain hanya kota kecil juga kebanyakan temen-temen lebih sering main media sosial lain seperti Instagram, Facebook atau LINE. Waktu itu aku tidak perlu lagi membuat akun baru karena beberapa tahun sebelumnya aku pernah membuat akunnya karena gabut. Sesaat sesudah menggunakan twitter aku sempat bingung mau ngapain, sempat merasa nyesal karena ngehabisin kuota cuman buat gaya-gayaan doang sama temen. Pada akhirnya ilham pun muncul di kepalaku untuk menggunakan twitter sebagai sarana mencari informasi penting, mulai dari berita penting seperti berita olahraga, sains teknologi atau keadaan dalam negeri dan luar negeri sampai berita nggak penting-penting banget kayak tweet penyanyi idolaku atau hal-hal viral yang sering digosipin temen-temen di komunitas kepenulisanku dahulu. Hingga akhirnya tanpa sengaja sampai ke akun beliau yang saat itu tengah memberikan informasi perihal penanganan bencana yang ada di salah daerah. Saat itu juga aku membaca bio yang tertulis di akun twitter beliau bahwa beliau seorang penyintas kanker paru-paru. Hal ini membuatku kagum, karena selain harus selalu on time memastikan informasi mengenai bencana, beliau juga harus bertarung melawan penyakit beliau. 

Kangen masa-masa buka twitter buat lihat tweet bapak.


Bagiku beliau selayaknya seorang superhero, yang ikhlas dan tulus melayani masyarakat walaupun dengan kondisi beliau yang mengidap kanker. Paman Ben dari film Spider-Man (entah trilogi Spider-Man Tobey Maguire ataupun dwilogi Spider-Man Andrew Garfield) pernah berkata, "with great power come great responsibility". Dengan tanggung jawab besar beliau sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB terdapat kekuatan besar yang membuat beliau memilih untuk bertahan untuk menjadi superhero kita semua. Aku berharap suatu hari nanti aku bisa menjadi superhero seperti beliau, bukan cuman aku, tapi kita semua yang membaca artikel atau catatan ini. Karena tak harus menjadi seseorang yang memiliki jabatan tinggi supaya bisa menjadi superhero negeri ini, banyak cara dan jalan untuk bisa menjadi superhero negeri ini, entah itu menjadi seorang guru, dokter, penulis, pedagang sembako dan lainnya selama pekerjaan itu baik dan bermanfaat bagi sesama. Bahkan menjadi seorang pelajar yang baik pun sudah bisa dikatakan sebagai superhero, entah itu baik secara akademik, non-akademik maupun baik secara moral dan spiritual.

Untuk menutup artikel ini (aku sebenarnya lebih suka menyebutnya sebuah catatan), aku akan mengunggah kembali kata bijak almarhum bapak Sutopo yang paling tepat sasaran di hatiku. Semoga artikel ini bermanfaat, akhirul kata wassalamu'alaikum dan salam kemanusiaan.

😊




Comments

Yang Lagi Rame