6 Tips Agar Tetap Semangat Melaksanakan Sholat Tarawih Sampai Akhir Ramadhan ala CSN


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Hai CSN-ers, apa kabar? baikkan? Alhadulillah.
Akhirnya saya punya waktu luang untuk update blog ini. Udah lama nggak keurus ini blog karena kesibukan saya di duta. Marhaban ya ramadhan, bulan suci telah kembali. Saat yang tepat untuk menyucikan diri dari kesalahan-kesalahan yang kita perbuat dan memperbaharui keimanan kita di bulan ini. Memperbanyak tadarus Al-Qur'an, berdzikir dan ibadah sunah lainnya. Salah satunya adalah sholat tarawih.

Kali ini Sya-chan ingin  membagikan tips-tips agar tetap semangat dalam melaksanakan sholat tarawih. Kan sering tuh di awal ramadhan rajinnya minta ampun ke masjid tapi memasuki pertengahan mulai uring-uringan dan akhirnya menghilang dari peredaran (haha).

OK, gak perlu basa-basi lagi langsung aja kita ke TKP 6 Tips Agar Tetap Semangat Melaksanakan Sholat Tarawih Sampai Akhir Ramadhan ala CSN,

1. Niat

Oke yang pertama pasti adalah niatnya dulu sebelum pergi melaksanakan sholat tarawih, kenapa niatnya yang pertama-tama? Ya tentu dong, kan segala amal tergantung dengan niatnya. Kalau niatnya baik maka hasilnya juga baik juga dong. Kita ambil contoh, misalnya kamu pergi ke masjid dengan niatan pengen ketemuan dengan si do'i bukan karena niat beribadah. Bisa-bisa kalau do'i kamu nggak sholat tarawih karena ada halangan, kamu bisa-bisa langsung tertular virus malas seketika karena nggak motivasi untuk pergi ke masjid.

2. Rubah Mind Set

Mind set atau pola pikir, kenapa harus mengubah pola pikir? Alasannya terkadang kita menganggap kalau shalat sebagai beban atau sebagai sesuatu yang menyusahkan diri kita dalam melaksanakan aktivitas kita yang lainnya. Padahal kenyataan justru sebalik, shalat justru tarawih mencegah kita dari perbuatan keji. Begitu pula dengan sholat tarawih. Sholat tarawih mencegah kita dari perbuatan sia-sia seperti jalan-jalan nggak karuan atau hanya sekedar bermain petasan. Oleh karenanya kita haruslah merubah pola pikir atau mind set tersebut dengan menganggap sholat sebagai suatu kebutuhan bagi diri kita sendiri layaknya kebutuhan pokok seperti nasi dan sebagainya. Baik itu sholat wajib maupun sunah jadikanlah semua itu suatu kebutuhan bagi diri kita yang mana kita tak dapat hidup tanpa hal itu.

3. Pasang Target

 Pasang target anda! yang saya maksud di sini adalah anda harus memasang target berapa kali anda sholat tarawih dalam bulan ini. Misalnya tahun kemarin anda melaksanakan sholat tarawih sebanyak sepuluh malam, maka tauun ini anda harus melakukan lebih dari sepuluh malam. Berapa pun, walau anda sering absen tapi pokoknya usahakan anda harus melebihi jumlah sholat tarawih anda tahun kemarin. Anda yang sekarang harus lebih baik dari yang tahun kemarin!

4. Metode Level Up

Metode ini mungkin agak aneh dan mengada-ada, namun waktu awal-awal saya mencoba untuk konsisten melaksanakan ibadah sholat tarawih. Saya memikirkan kalau setiap saya berhasil melaksanakan dua raka'at tarawih saya membayangkan kalau berhasil naik level atau mendapat point experience (Exp.). Namun hal itu justru memotivasi saya untuk terus berdiri untuk melaksanakan sholat tarawih walau raga sudah tidak ingin melakukannya. Seakan-akan saya ingin naik level dan terus naik level dan akhirnya mencapai level tertinggi yaitu pada saat shalat witir satu raka'at terakhir. Yah, metode ini terserah CSN-ers, kalau kepingin mencoba membayangkan anda terus naik level sampai akhirnya berhadapan dengan big boss. Silahkan dicoba dan rasakan sensasinya (haha)

5. Apresiasi Diri Anda

Apresiasi diri anda setiap anda berhasil menyelasaikan sholat tarawih (11 raka'at atau 23 raka'at). Hal ini untuk memotivasi diri anda untuk tetap semangat dalam melaksanakan sholat tarawih. Seperti saya biasanya mengapresiasi diri saya dengan membeli makanan atau minuman yang saya inginkan. Yah walaupun harus keluar modal, tapi kuatkan tekad anda. Kalau anda hanya akan membeli makanan atau minuman kesukaan anda kalau anda sudah melaksanakan sholat tarawih.

6. Ajak Teman Anda

Cobalah anda salah seorang teman anda untuk tarawih bareng. Mungkin saja salah satu faktor kenapa anda malas tarawih adalah karena tidak ada yang bisa diajak bicara, apalagi kalau anda seorang remaja yang mudah bosan. Dengan mengajak dan janjian dengan teman mungkin membuat diri anda lebih semangat dalam melaksanakan sholat tarawih. Dulu saya pada awal-awal mencoba konsisten selalu janjian dengan teman saya ketemuan di masjid untuk bertukar informasi tentang game dan film sekalian juga sholat tarawih.


Mungkin pada awalnya akan terasa sangat berat dan sulit, namun setelah beberapa waktu pasti anda merasa kalau tarawih adalah salah satu kegiatan yang wajib anda laksanakan. Sampai-sampai nggak rela kalau nanti selepas bulan ramadhan udah nggak tarawih lagi (haha).

Selamat melaksanakan ibadah dengan khusyuk di bulan penuh berkah ini, akhirul kata saya memohon maaf bila terdapat kesalahan kata dalam postingan ini maupun sebelumnya. Mari kita hijrah menjadi diri yang lebih baik lagi,

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Comments

Yang Lagi Rame