Apa Sih Itu Teknik Sipil? Dan Ngapain Aja??



Assalamu'alaikum minna-san~ Konichiwa~
Akhirnya aku update lagi setelah lama menghilang dari peradaban per-blogger-an (sebenarnya nggak ngilang, masih blogwalking, tapi malas aku aja yang meningkat buat update blog). Kali ini aku bakal bahas sikit-sikit lah tentang jurusan kuliah yang sekarang tengah kugeluti sekarang, yaitu jurusan Teknik Sipil. Aku dari dulu masih merasa kalau jurusan ini masih banyak disalahpahami bahkan sampai yang nggak tahu-menahu sama ini jurusan. Banyak orang yang mengira orang yang lulus dari jurusan teknik sipil nanti kerjanya bakal kayak arsitek (karena mengira teknik sipil itu sama dengan jurusan Arsitektur), ada juga yang mengira kalau jurusan ini endingnya bakal jadi tukang atau yang lebih salah kaprah lagi kerjanya bakal di kantor pencatatan sipil. Karena banyaknya orang yang menyalahpahami jurusan ini akhirnya terbuatlah catatan ini. 

Pertama-tama aku bakal bahas dari yang paling mendasar terlebih dahulu, Apa Sih Itu Teknik Sipil? Jadi teman-temanku yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng, Teknik Sipil merupakan cabang ilmu teknik yang mempelajari proses infrastruktur mulai dari merancang, membangun juga merenovasi. Secara simpelnya di teknik sipil kamu bakal belajari bagaimana merancang infrastruktur (gedung, jembatan, jalan raya, dll.) yang kuat, layak dan juga efisien. Dan sekadar info menarik aja nih, Presiden Ir. Soekarno juga merupakan seorang lulusan teknik sipil juga loh~

Hmmmm, bentar kurasa pertanyaan "Di Teknik Sipil Ngapain Aja??" udah kejawab deh dari tulisan di atas, ah sial 😶. Dah lah, daripada cuman itu aja yang bisa kusampain, kutambahin dikit deh cabang-cabang jurusan yang ada di teknik sipil, sebagai berikut :

Sumber Pixabay



1. Struktur


Cabang ini lebih memperdalam mengenai bahan dan struktur untuk sebuah bangunan, seperti baja, beton, kayu dan lain-lain. Setiap bahan memiliki karakteristiknya masing-masing, contohnya aja deh ambil baja yang memiliki karakteristik yang kuat dan keras.

2. Transportasi


Cabang ini mepelajari mengenai perencanaan dan pelaksanaan sistem transportasi, seperti kontruksi perkerasan jalan raya, pembangunan jalan tol, kontruksi bandara pesawat, stasiun kereta, terminal bus dan lain-lain. Selain hal tadi, ilmu ini juga mempelajari mengenai manajemen lalu lintas, manajemen parkir dan juga permasalahan yang berkaitan dengan transportasi.

3. Geoteknik




Cabang ilmu ini lebih mendalami mengenai karakteristik dan struktur dari berbagai jenis tanah dan batuan yang bakal menopang bangunan yang ada di atasnya. Biasanya tuh, sebelum adanya pembangunan di suatu lahan, sudah merupakan tugas dari seorang teknik sipil-an (entah dari mana lagi aku bikin kata ini, emang kebiasaan dah kayaknya aku bikin kata-kata yang nggak ada di KBBI semenjak sering nulis puisi) untuk mengecek kondisi dari tanah di lahan tersebut. Apakah tanah itu layak dan mampu buat menopang beban dari bangunan yang akan dibangun nanti.

4. Hidrologi


Cabang ilmu ini mendalami mengenai sifat dan karakteristik air, dari pendistrubusian, pengendalian dan juga seluruh permasalahannya. Cabang ilmu ini bakal mempelajari mengenai hitung-hitungan curah hujan pada suatu daerah, debit air sungai, tekanan air dan masih banyak lagi (terutama berhubungan seperti waduk atau bendungan).

5. Manajemen Kontruksi


Cabang ilmu ini memperdalam mengenai manajamen pembiayaan dan juga permasalahan dalam proyek konstruksi seperti penjadwalan, biaya proyek dan hukum perizinan pelaksanan pembangunan, sehingga proses pembangunan bisa berjalan baik dan tepat waktu.


Aku rasa sih cukup sampai sini aja penjelasanku, karena gak bakal kelar-kelar ini post kalau aku bahas soal teknik sipil. Kalau kalian penasaran apa aja yang ada di teknik sipil, pantengin aja ini blog terus tiap hari selasa atau rabu atau kamis, karena ke depannya aku bakal lumayan sering update tentang hal-hal yang berhubungan dengan teknik sipil, aku mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan yang sudah kuketik tadi, akhirul kata, wassalamu'alaikum dan DARAH BIRU!



Comments

  1. orang-orang teknik sipil tuh keren banget ya, manfaatnya banyak banget di dunia nyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya kak, terutama di bidang infrastruktur

      Delete
  2. intinya jurusan ini belajar tentang tata pembangunan ya mas, emang kalo dilihat dari situ pasti banya yang di salah artikan :D.. tapi kalo cuma jadi tukang ga perlu sampai kuliah sih, belajar otodidak pasti bisa hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya yang disalahartikan karena ada kata Sipilnya bang wkwkwk 🤣

      Delete

Post a Comment

Komen aja, saya gak gigit kok :3