Review Eromanga Sensei


Assalamu'alaikum minna-san
Konichiwa~

Akhirnya kesampaian saya bisa perbaiki ini review-review anime zaman old, masa-masa di mana ngetik sembarang gak peduli tata bahasa dan banyak pacman-nya wkwkwk (sampai sekarang pun hahaha). Sebenarnya ada alasan mengapa saya sampai repot-repot memperbaiki revie-review saya di masa lampau. Alasan yang paling utama adalah malu sendiri liatnya, gak nyangka tulisanku di masa lalu bakal sejelek ini dibandingkan zaman sekarang haha. Kedua karena trafik dari review ini lumayan tinggi, sehingga gak enak dong sama mereka yang udah jauh-jauh pengen liat review yang bener-bener malah dapatnya review acak-adul gak jelas haha.


Eromanga-sensei, gimana yah bilangnya. Untuk diriku di masa lalu ini anime sangat-sangat menarik karena di masa itu aku untuk pertama kalinya terjun ke dunia anime secara serius. Banyak melahap anime yang tayang pada saat itu, pokoknya satu season itu harus nonton minimal 5 anime baru, gak peduli jalan cerita bagus apa nggak (dan juga komunitas animelovers dulu nggak sebarbar sekarang). Jadi menonton anime kayak gini merupakan hal yang lumrah-lumrah aja sih dulu, walaupun ada unsur ecchi-nya sedikit, ya itu anggaplah sebagai fanservice sekelebat saja yang, lagipula juga ditambah unsur komedi. Yah, untuk sekarang sih aku benar-benar pilih-pilih anime (haha), bahkan dalam 12 bulan terakhir sejak Juli tahun lalu, anime yang benar-benar kulahap habis hanyalah Gintama, Dr. Stone dan Kimetsu no Yaiba (Yah semoga saja diberi waktu buat review dua anime ini, karena sangat-sangat bagus sih). Juga aku sekarang pun lebih cenderung melihat cerita / plot dalam suatu anime terlebih dahulu sebelum benar-benar akan kulahap, karenanya sekarang lebih sering nonton anime yang udah selesai tayang macam Violet Evergarden dan ONE PIECE (Tag review anime bakal dibuka dengan review Violet loh~)


Sudahlah, kalau bahas masa lalu dan masa kini nanti gak bakal ada habisnya haha, yah sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu ya informasi dari MAL berikut ini :


Tayang : 09 April 2017 - 25 Juni 2020
Anime Musim : Spring 2017
Episode : 12
Jam Tayang : Minggu, 00.30 (JST)
Producers: Aniplex, Movic, ASCII Media Works, BS11, Kinoshita Group Holdings
Studio : A-1 Pictures
Genre : Comedy, Drama, Romance
Sumber : Novel Ringan (Light Novel)

Ok, aku bakal bahas mulai dari cerita terlebih dahulu. Untuk cerita sebenarnya sangat menarik, apalagi anime ini membahas tema mangaka light novel yang notabene jarang ada anime atau manga yang membahas ini (mungkin ada tapi aku gak tau ya... haha, untuk manga sih ada contoh kayak Bakuman juga manga WSJ yang baru juga Time Paradox Writer Block). Seandainya anime/light novel ini lebih fokus membahas cerita dari sisi light novel-nya, mungkin bakal lebih menarik lagi. Namun apadaya mimin keun, yang lebih fokus untuk dibahas di anime ini adalah masalah romantika antar kakak-adik tak sedarah ini, namun aku suka komedinya, apalagi waktu komedi ******* daitsuki desu, that's amazing bung aowkoawkowkowkoakw. aku benar-benar tidak menyangka kata-kata itu bakal keluar dari seorang cewek manis kecil yang kelihatan polos aokwoawkoawko, selebihnya sih untuk cerita lebih seperti slice of life seperti biasalah. Untuk grafik aku gak bilang ini wah-wah banget ya, namun para animator sukses membuat Sagiri terlihat manis, apalagi pas di ending anime. Lagi nunggu cucian, goyang-goyang ga jelas dibarengi lagu adrenaline dari Trysail itu manis banget sumpah (haha, dasar Sagiri 'Pinjam Teh')

Masih ingat mimin sama ending-nya wkwkwk

Untuk musikm aku agak lupa gimana musik latarnya, karena gak mau nonton lagi aowkowkoawko, perbaikan review ini hanya mengandalkan ingatan 3 tahun lalu haha. Tapi, yang pasti aku benar-benar suka sama opening dan ending-nya. Yah kurasa segini aja cukup buat re-review kali ini. Seperti biasa, aku nggak mau review suatu anime sebelum anime itu tuntas, so tunggu aja review Violet Evergarden sama Kami no Tou (Tower of God). So, anime ini menurutku sangat bagus buat kalian yang pengen ngeracunin temen kalian biar tenggelam ke dalam lumpur perwibuan, jadi so overall ini anime cocok banget ditonton di kala santai atau gabut, akhirul kata. Wassalamu'alaikum


Cerita : 7.2
Grafik/Animasi : 7.5
Karakter : 7.0
Suara : 7.4
Nilai Akhir : 7.2
Nilai MAL : 6.6




Ditulis : 23 April 2017
Diupate : 23 Juni 2020

Comments

Post a Comment

Komen aja, saya gak gigit kok :3

Yang Lagi Rame