Apa Sih Bedanya Pi dengan Phi??!


   Assalamu'alaikum minna-san~
Selamat (pagi/siang/malam/shubuh), kembali lagi dengan mimin paling-paling-paling absurd sedunia (lebay). Ok sebelum kita masuk ke inti acara dan pembahasan. Sebelum itu akan mengucapkan selamat buat blog ini yang akhirnya bisa mencapai 100 postingan setelah empat tahun lamanya (saking jarangnya apdet wkwkwk). Dan juga karena CSN sudah mencapai umur ke-empat tahun 24 Maret lalu, oleh karenanya saya selaku pemilik CSN akan melakukan perombakan kecil (mungkin) terhadap blog ini dengan menambahkan beberapa tema bahasan baru selain 3 tema utama kita sebelumnya. Dan postingan ini bakal menjadi langkah baru bagi blog ini kedepannya.

Nah, kembali kebahasan utama. Apa sih bedanya pi dengan phi? Bukannya sama aja? Bukankah nilainya sama aja 3,14 atau 22/7 seperti yang sudah kita pelajari semenjak bangku sekolah dasar? Dan juga guru-guru kita selama ini tidak mempermasalahkan mau kita tulis pi atau phi, jadi bukankah tidak bakal jadi masalah? Justru di situlah masalahnya! Terkadang karena sudah terbiasa akan suatu kesalahan bahkan kesalahan tersebut sudah menjadi kebiasaan, maka sulit sekali bagi kita untuk memperbaikinya dan bahkan suatu hari justru bisa saja menimbulkan kesalahpahaman dan perpecahan di kemudian hari.


π = kue pie ?

Oleh karena, penting bagi kita untuk mengetahui apa sih beda dari Pi dan Phi. Seperti yang kita ketahui π adalah huruf ke-16 dari abjad Yunani yang sering kita jumpai di dunia pematematikaan. Banyak literasi menuliskan π = phi, namun pada faktanya yang benar adalah pi. Sedangkan phi adalah huruf ke-21 dari abjad Yunani yang sering dikenal dengan simbol Φ (kapital), φ (huruf kecil) atau ϕ (simbol matematis). Phi dalam simbol matematis dikenal sebagai bilangan irasional dengan nama keren The Golden Number/ Golden Ratio yang memiliki nilai yang berbeda pula dengan pi, yaitu 1,618.

Banyak buku kalau pi = 22/7, namun pada faktanya juga bahwa nilai 22/7 hanya sebuah pendekatan dari nilai pi. Karena nilai dari pi = 3,141592653589793238 .... Sedangkan 22/7 = 3,142857142857142857 .... Sungguh jauhkan perbedaannya kan? Walau begitu 22/7 tetap dipakai karena merupaka nilai yang hampir mendekati dari nilai pi untuk mempermudah perhitungan. Nilai pi didapat dari perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya.

Sedangkan nilai phi dari phi didapat dari (lihat gambar di bawah).


Paham-paham?


Nah biar makin mantap pemahaman soal si phi ini, so saya akan memberikan penjelasannya. Jadi, nilai phi ini sangat berhubungan dengan bilanga Fibonnaci, berikut sebagai contoh bagaimana mendapatkan nilai dari phi.

Bilangan Fibonnaci :

1 1 2 3 5 8 13 21 34 55 89 144 233 377 610 987 1597 dst....

Mari kita lihat, suku ke-13 dari bilangan tersebut adalah 233 dan suku ke-12 nya adalah 144, nah mari kita bagi nilai tersebut sehingga di dapatlah nilai dari phi :

233/144 = 1,618

dan tahukah kamu kalau bilangan setelah suku ke-13 sampai seterusnya hasilnya akan tetap sama yaitu 1,618 (untuk nilai pembagian dari suku ke-2 sampai ke 12 hasilnya hanya mendekati 1,618 walau begitu biasanya orang akan membulatkannya menjadi 1,618). Oleh karena itulah phi disebut sebagai Golden Ratio.

Saya rasa cukup menjelaskan apa perbedaan dari pi dan phi. Saya harap kalian jangan sampai salah lagi dalam menuliskannya, akhirul kata Asssalamu'alaikum warahmatulahiwabarakatuh. 


Comments

  1. Trims mba atas pencerahannya. Selama ini ternyata saya ikut tersesat :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ya sama-sama, ngomong-ngomong saya laki-laki loh Bang Day 😂

      Delete
  2. Terima Kasih atas pengetahuannya! ^_^

    ReplyDelete
  3. Sama-sama, jangan lupa untuk berkunjung kembali ^^

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata benar dugaan saya, terimakasih penjelasannya 👍

    ReplyDelete
  5. Standar indonesia itu kalo koma itu pake koma , ya? 3,14 bukan 3.14

    ReplyDelete

Post a Comment

Komen aja, saya gak gigit kok :3

Yang Lagi Rame