Kelas 12 : UTBK War - Tips Jitu Menghadapi Perang UTBK



Assalamu'alaikum minna-san~ konnichiwa. Hai, gimana kabarnya? semoga baik dan sehat selalu ^^. Baiklah pertama-tama aku pengen ngucapin selamat buat kalian yang berhasil lulus masuk perguruan tinggi lewat jalur gacha SNMPTN, semoga kalian siap menjalani neraka kehidupan kuliah kalian ke depannya, kalian adalah orang-orang yang beruntung, jangan disia-siakan. Untuk yang belum lulus, jangan berkecil hati, masih ada jalur lainnya, let's move on bro and sis, you can do it.

OK, kali ini aku cuman pengen sharing-sharing aja sebagai makhluk yang pernah merasakan sakitnya gagal gacha SNMPTN dan harus menempuh jalur sikut-sikutan yaitu jalur SBMPTN. Di sini aku bakal sharing tips jitu gimana cara menghadapi Perang UTBK SBMPTN. Kenapa aku menyebut perang? Hal ini karena bagiku UTBK itu layaknya sebuah medan perang, di mana kitalah seorang pemimpin/komandan yang dapat membawa diri kita menuju sebuah kemenangan yaitu kata "Selamat! Anda Lulus Seleksi Seleksi SBMPTN 2022 di ...,". Karena UTBK itu layaknya medan perang, maka dibutuhkan sebuah strategi yang matang untuk dapat memenangkannya. Kalau begitu gak usah berbasa-basi lagi, ini dia tips jitu menghadapi perang UTBK.



1. Siapkan Hati dan Mental

Sc : Johnhain (Pixabay)

Tips pertama adalah persiapkan hati dan mental kalian semua temen-temen. Kenapa? Ini karena banyak banget dari di antara temen-temen terlalu berlebihan kepikiran hal yang nggak-nggak (istilah kerennya overthinking). Berlebihan kepikiran bakal lulus atau nggaknya, kepikiran layak nggaknya diri sendiri masuk ke perguruan tinggi yang diingini, kepikiran bakal sanggup atau nggak ngerjain soal-soalnya dan masih banyak lagi. Udah buang jauh-jauh overthinking gak jelas kayak gituan, buang-buang waktu kalian yang harusnya dipakai buat belajar dan mengevaluasi diri. Teguhkan hati kalian, kokohkan mental kalian, yakinkan diri kalian! Fokus dengan target kalian, mau hasilnya bagus atau jelek, mantap atau ampas, sesuai harapan atau nggak sesuai harapan, lulus atau nggak lulus, itu urusan belakang, yakin aja dulu kalau kalian-kamu pasti bisa.


2. Berdoa

Sc : Pixel2013 (Pixabay)

Dalam peperangan UTBK, kita bukan hanya mengandalkan kemampuan diri kita sendiri. Namun, juga tidak lepas dari 'jalur langit'. Seperti kata pepatah, bagai sayur tanpa garam, usaha tanpa doa itu sebuah kesia-sian. Berdoa dan memohonlah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Lagipula dengan berdoa ini bisa membuat diri kalian lebih rileks dan tenang.


3. Belajar dan Perbanyak Latihan Soal

Sc : 27707 (Pixabay)

Setelah dua tips tadi, udah jelas dong apa yang harus kalian lakukan. Giatkan belajar dan perbanyak latihan soal. Belajar di sini jangan cuman sekadar belajar doang, usahakan disiplin dan berkesinambungan, tidak harus belajar dengan waktu lama, yang penting belajar kalian terus berkesinambungan setiap hari walaupun mungkin ada yang belajar cuman 10-15 menit perhari. Yang penting harus kalian pelajari adalah konsep dari soal-soal UTBK yang kemungkinan keluar (untuk ini kalian bisa menganalisis soal-soal UTBK lima tahun terakhir, perhatikan dan catat soal-soal apa saja yang sering keluar). Untuk sering-sering latihan soal kalian bisa mengakalinya dengan mengikuti tryout online gratis, untuk mendapatkan tryout online gratis kalian bisa mencarinya di instagram, di sana banyak akun-akun yang sering menyebarkan info tryout gratis.

Oh iya, bagi kalian yang kepingin punya teman belajar buat 'mengambis' UTBK, aku punya saran buat kalian untuk bergabung dengan komunitas belajar nomor satu di Indonesia yaitu Server Discord Ruang Belajar. Di sini terdapat beberapa fitur yang bisa kalian gunakan untuk belajar bersama seperti fitur Voice Study With Us, Voice Belajar Sistem Pomodoro, Text Channel Mencari Teman Belajar, Text Channel Khusus Tanya-Jawab dan Informasi Seputaran UTBK dan masih banyak lagi fitur yang kalian temui di server ini. Kalau kalian berminat kalian bisa klik ini (100% aman kok, bukan scam wkwk)

Study With Us.

Buat yang rajin Study With Us bakal mendapatkan role flexing leveling.


Text channel untuk mengunggah kegiatan belajar kalian.

Text channel cari temen belajar.

Text channel tanya-jawab seputaran UTBK.


4. Menjaga Kesehatan dan  Istirahat Yang Cukup 

Sc : Unitea (Pixabay)

Belajar emang penting gaes, tapi menjaga kesehatan jauh leeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeebih penting. Yah, percuma kalian belajar habis-habisan sampai mengabaikan istirahat kalau nanti pas hari H kesehatan malah drop. Ingat! Untaian pena takdir kalian ditentukan di satu hari tersebut (UTBK), jangan sampai kalian tidak lulus hanya karena sakit di hari H. Jangan terlalu memporsir diri, peduli dengan tubuh kalian. Kalau saatnya makan, ya kalian makan, jangan sampai telat. Kalau saatnya penat, ya kalian ambil istirahat sejenak, jangan dipaksakan. Kalau saatnya tidur, ya kalian harus tidur, beristirahat. Jangan lupa untuk berolahraga, tidak perlu yang berat-berat, peregangan atau joging keliling rumah cukup. Menurut penelitian dengan berolahraga seperti joging kalian sudah membuat otak menjadi lebih baik dalam menangani stres dan meningkat memori.


5. Melatih Ketenangan

Sc : Leninscape (Pixabay)

Tips yang terakhir adalah melatih ketenangan, tips ini berguna saat kalian bertempur di UTBK nanti. Karena menurutku kurang tenangnya kita akan mempengaruhi performa kita saat ingin menjawab soal UTBK nanti, terlebih lagi adanya tekanan waktu yang terus berkurang membuat isi otak serasa pengen meletus. Dengan melatih ketenangan jauh-jauh hari, kuharap kalian bisa meminimalisir ketidakfokusan saat menjawab soal UTBK (melatih ketenangan juga bermanfaat saat kita ditimpa masalah. Tetap tenang saat ada masalah akan membuat kita dapat menemukan solusi atas masalah kita).

Hasil tidak akan mengkhianati usaha, terus berjuang demi sesuatu yang ingin kamu gapai, walaupun jalan yang dilalui pastinya tidak mudah. Aku harap tips seadanya ini bisa membantu kalian untuk kembali yakin dan fokus menghadapi UTBK War, azzeeekkkk. Akhirul kata, wassalamu'alaikum dan salam UTBK!

See you next time ^^

Comments

  1. Whoaa zamannya utbk dulu giat sekali belajar setiap hari, dateng ke tempat les, pahami berkali kali materinya. Hikss.. sebuah perjuangan. Semangat selalu buat para pejuang utbk! Tapi dimanapun kita berada, semoga ga menurunkan semangat kamu untuk terus belajar dan mengexplore dunia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul!!!! Di mana pun kita nanti jangan pernah berhenti untuk belajar dan menjelajah dunia. Terima kasih atas motivasinya kak Titah ^^

      Delete

Post a Comment

Komen aja, saya gak gigit kok :3

Yang Lagi Rame