Apa Itu UKS? Dan Juga Apa Tujuan Dan Fungsinya?



Assalamu’alaikum minna-san~
Gimana kabarnya? Gak kerasa udah bulan April aja sekarang, bentar lagi Ramadhan nih, jadi gak sabar~

Ini pertama kalinya aku buat postingan di-draft terlebih dahulu di WPS (sebenarnya user Microsoft Office, but karena gak punya lisensi jadi terpaksa pindah ke aplikasi besutan Kingsoft ini. Tapi, WPS nggak buruk juga, bahkan menurutku bisa disandingkan kualitasnya dengan Ms. Word cs.). Bisa dibilang ini ujicoba pertamaku merasakan bagaimana rasanya mengetik di WPS versi Windows ini.

Ah iya, kali ini aku ingin membahas apa sih itu UKS? Apa tujuan dibentuknya UKS dan apa saja fungsinya. Ya, siapa tahu ada diantara kalian yang penasaran sama itu UKS (sebenarnya postingan ini dibuat untuk mengisi waktu lockdown-ku yang terasa hampa tanpa ada canda-tawa teman-teman terkasih *//apaaan dah)

InsyaAllah next postingan bakal bahas tema baru, yaitu tema relistening. Jadi jangan lupa buat ikuti perkembangan ini blog ya.
 
Logo UKS
Ok minna, kita langsung saja ke pertanyaan pertama, apa sih itu UKS? UKS atau lebih dikenal dan populernya disebut Usaha Kesehatan Sekolah merupakan bagian dari program kesehatan anak usia sekolah. Anak usia sekolah yang dimaksud adalah anak-anak yang memiliki rentang usia mulai 6 tahun sampai dengan 21 tahun. Sedangkan menurut Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 828/MENKES/SK/IX/2008, Usaha Kesehatan Sekolah adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektor dalam rangka meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya membentuk perilaku hidup sehat anak usia sekolah yang berada di sekolah. Sekolah yang dimaksud meliputi berbagai jenjang dan jenis pendidikan, yaitu TK/RA, SD/MI/Paket A, SMP/MTs/Paket B, SMA/SMK/MA/MAK/Paket C, termasuk jalur pendidikan keagamaan seperti Pondok Pesantren.

Untuk tujuan dibentuknya UKS adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar para siswa dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Dalam praktiknya, UKS diharapkan bisa memupuk kebiasaan hidup bersih dan sehat dengan cara memberikan pengetahuan, contoh sikap, dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat tersebut.

Selain itu, UKS juga memiliki dua fungsi dasar loh, penasaran? Gas slur lanjutkeun, amankeun dan karungkeun :

² Pendidikan

UKS memiliki peran memberikan pengetahuan yang berkaitan dengan masalah-masalah kesehatan kepada parasa siswa/siswi/anak agar mereka ke depannya dapat mengamalkan gaya hidup sehat di mana pun mereka berada

² Pemeliharaan dan Pelayanan

Dalam fungsi ini, ada beberapa hal loh yang dapat dilakukan oleh UKS, seperti pemeriksaan kesehatan umum siswa/siswa ataupun warga sekolah tanpa harus menunggu datangnya penyakit, pencegahan penyakit menular, seperti pemberian masker dan memberikan penyuluhan terhadap penyakit menular tersebut, lalu UKS juga berfungsi melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), menjadi pengawas kebersihan sekolah dan peningkatan kesehatan para siswa/siswi dan warga sekolah.


Gimana nih minna? Sudah terjawabkan pertanyaan kalian sekalian? Dengan ini saya selaku admin menyatakan undur diri dulu (kok jadi formal gini ya wkwkwk). Jangan lupa ikuti blog ini dengan e-mail ye? Bisa dengan mengisikan e-mail kalian di form di bawah statistik pengunjung blog. Akhirul kata, wassalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Comments

Yang Lagi Rame