[Relistening] Hey Jude, Sang Pahlawan Ujian Praktek



Assalamu’alaikum minna-san~~~~
WELCOOMEE BACK TO MY BLOG EA! Di postingan kali ini mimin bakal membuat sesuatu yang baru loh, apakah itu?


Jeng jeng jeng, ini dia rubrik relistening! Btw, apa sih itu rubrik relistening? Rubrik relistening adalah rubrik di mana aku menyampaikan perasaanku baik itu dari hati, otak maupun telinga terhadap sebuah lagu. Bisa dibilang hampir mirip dengan review, tapi ini bukan tujuan menilai baik buruknya lagu, namun lebih ke-merekomendasikan sebuah lagu yang kusuka kepada kalian semua CSN-ers (udah lama banget gak pake kata CSN-ers semenjak sering pake kata minna-san). Dan insyaallah, rubrik ini bakal hadir seminggu sekali selama sebulan atau dua-tiga bulan ke depan. Jadi jangan lupa untuk berlangganan dengan kami, caranya cukup memasukan e-mail anda di kolom yang sudah disediakan di bawah. Gas kembali kita ke rubrik kita, kali ini mimin pengen bahas lagu Hey Jude, lagu legendaris ini akan menjadi pembuka dalam rubrik relistening ini.



Hey Jude, don’t make it bad
Take a sad song and make it better
Remember to let her into your heart
Then you can start to make it better
 ….


Sebuah lagu legendaris yang mungkin sudah tidak asing di telinga kita, sebuah lagu yang dinyanyikan dan dipopulerkan oleh band asal negeri ‘pencinta teh’, Inggris yang pernah berjaya di tahun 60 dan 70-an. Band yang populer dengan 4 anggotanya yaitu John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr ini banyak menelurkan masterpiece-masterpiece pada masanya, salah satunya adalah lagu yang mungkin paling mimin sukai diantara lagu-lagu The Beatles lainnya, Hey Jude. Saat mimin pertama kali mendengarkan lagu ini, mimin nggak langsung jatuh cinta dengannya, why??? Wajar dong, karena cinta sejati itu butuh proses konon katanya. Waktu pertama kali mendengar lagu ini posisi mimin merupaka pencinta lagu yang bersemangat dengan beat dan irama yang menggugah kepala ini untuk bergoyang layaknya gitaris rock. Dan rasa meremehkan rendahnya ilmu mimin di dunia permusikan yang menjudge, “grup band rock kok lagunya slow gini, juga lagu Hey Jude di wiki katanya genrenya Rock & Pop, tapi kok gak kayak rock yang ku kenal. Payah ah bikin ngantuk.”. Begitulah mungkin ujaran kebencian dari sanubari mimin kala itu wkwkwkwk.
 
Maafkeun hamba yang sempat membenci lagu anda sekelien
Namun, lambat laun perasaan benci itu perlahan sirna. Emang udah jadi kebiasaan mimin kalau ketemu orang dan membencinya di awal tetiba aja rasa benci itu berubah jadi sayang dan cinta (ceilah, tailah elu dasar bochen!). Hati mimin pun mulai terbuka terhadap lagu ini dan puncaknya waktu Ujian Praktek (Bang COVID-19 masih menginvasi Indonesia waktu itu, jadi masih sempet ngerasain Uprak). Kala itu ujian praktek untuk mapel Bahasa Inggris mimin adalah menyanyi lagu inggris di depan kelas dengan mikropon dan speaker sekalian, dan selama seminggu sebelum penampilan mimin bingung pengen nyanyi lagu apa. Waktu itu mimin gonta-ganti lagu, mulai dari Perfect, I’m Your, Lagu yang super-superman itu apa lupa mimin, lalu Sugar dari Maroon 5 dan buanyak lagi pokoknya waktu itu mimin pikirnya harus mendapatkan lagu yang terbaik dan nggak boleh ada yang salah. Namun, karena jadwal yang padat (namanya juga uprak, mapelnya nggak cuma satu doang), akhirnya waktu yang harusnya digunakan buat latihan pengucapan kata-kata dalam bahasa Inggris jadi kacau-balau karena adanya uprak dari mapel fisika (buat roket air), seni budaya (teater dan buat naskah drama) dan buanyak lagi tugas-tugas masa akhir kelas 12 ini. Akhirnya mimin pun berpikiran harus mencari lagu yang bisa dipelajari dalam waktu semalam doang (btw lupa ngasih tau, kalau uprak ini boleh liat lirik dan musiknya nyari versi karaoke di yucub, jadi intinya ya karaokean lah di kelas wkwkwk).

DAN, akhirnya sampailah saya ke lagu legendaris ini.Udah jadi kebiasaan sebelum menyanyikan suatu lagu mimin harus tahu arti dari lagu tersebut. Dan dua malam sebelum tampil, mimin memilih lagu ini dan mencari arti dari liriknya (ya sekalian nge-hafalin). Buat kalian yang penasaran untuk siapa dan apa arti dari lirik lagu tersebut, kalian bisa klik di sini (nggak dibayar samsek ya buat ini, mimin aja mau berterimakasih sama pemilik web tersebut yang telah memberikan pencerahan terhadap saya).

Banyak hal yang membuat saya jatuh cinta dengan lagu ini, mulai dari liriknya yang sederhana namun penuh makna, mudah dilafalkan dan dihafalkan juga waktu bagian teriak better,better,betternya saya bisa berteriak sepuas hati dengan suara fals saya di depan kelas dan yang paling penting na-na-na-na hey jude selama dua menit yang bikin tambah enak buat dinyanyikan wkwkwk.

Buat CSN-ers yang bingung pengen nyanyi lagu apa semisal ada jadwal manggung atau apalah, saya sangat merekomendasikan anda untuk menyanyikan lagu masterpiece ini. SANGAT MEREKOMENDASIKAN :3

Saya rasa sampai di sini kebersamaan kita dan sampai jumpa di rubrik selanjutnya, akhirul kata, wassalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Kuy teriak bareng :V

Comments

Yang Lagi Rame