Hari-Hari Mudae (2)



Assalamu'alaikum minna-san~ Konnichiwa, kembali lagi bersama Sya-chan. Narablog yang pengen nulis beruntun 30 hari tapi malas-malasan wkwkwkwk. Hari ini sebenarnya aku pengen mengunggah sebuah catatan menarik tapi urung kulakukan karena perlu revisi dan editing kembali biar bisa lepas di pasaran (karena kebetulan juga kuikutkan lomba blog hehehe). Jadi hari ini aku pengen ngelanjutin catatan yang kemarin saja soal Mudae. Seperti yang kujelasin sebelumnya, kalau permainan ini bisa saling rebut-rebutan waifu/husbando, maka dalam seminggu terakhir mulai terlihat benih-benih perpecahan di antara member di server discordku. Terlebih lagi di Mudae ini bisa menjadi ladang bisnis untuk meraup untuk kakera atau bahkan mata uang asli (gila gak tuh, jual beli pakai mata uang asli demi gambar waifu/husbando yang bisa saja kureset nanti wkwkwk). Jadi setelah pertimbangan yang matang dan saran dari salah seorang member yang sudah berpengalaman main ini bot. Maka dibuatlah sebuah aturan atau hukum dalam bermain Mudae, yah walaupun untuk saat ini masih fokus ke jual beli karena menurutku jual beli karakter ini benar-benar broken banget kalau terus dibiarkan tanpa adanya sebuah aturan yang berlaku (yang ada bisa saling tonjok mereka).

Berikut merupakan aturan jual-beli-barter-lelang yang kuterapkan di serverku :

Hukum Jual-Beli-Barter-Lelang Mudae

1. Gunakan akal sehat anda dalam jual beli. Dewasalah dalam bermain.

2. Penjualan karakter maksimal sampai 100 Kakera di atas harga awal jika si pemilik karakter tidak memiliki keinginan mempertahankan karakter tersebut.

3. Penjualan karakter maksimal sampai 300 Kakera di atas harga awal jika karakter tersebut adalah karakter wishlist dan memiliki keinginan mempertahankan karakter.

4. Dilarang keras melakukan jual beli menggunakan mata uang asli.

5. Barter diwajibkan dengan nilai yang setara dengan kakera karakter tersebut. Barter karakter boleh menggunakan kakera jika tidak ditemukan karakter yang harga kakeranya setara.

6. Lelang hanya diperbolehkan pada HARI MINGGU.

7. Karakter di bawah 750 Kakera dilarang untuk dilelang.

8. Pelelangan karakter maksimal 1800 Kakera, jika lebih dari 1800 = autobuy.

9. Pemilik karakter Wishlist WAJIB Membeli. Dengan kondisi apabila hanya 1 orang, kembali ke rules nomor 3.

10. Wishlist WAJIB dijual ke pemilik Wish. Dengan kondisi apabila lebih dari 2 orang, kembali ke rules nomor 2.


Yang aku harapkan setelah adanya aturan ini mereka udah gak tegang-tegang banget dalam bermain, karena pada dasarnya ini cuman sebuah permainan :'). Hal kedua yang kulakukan di game mudae  adalah menambahkan karakter-karakter custom di Mudae. Contohnya seperti di bawah ini :


HAHAHAHAHA, maafkan aku bang Windah tapi Bang Windah beneran jadi rebutam di serverku 😭. Janji gak nangis ya adik-adik ehehehe. Aku rasa itu doang yang bisa kuceritain hari ini, akhirul kata wassalamu'alaikum~

Comments

Yang Lagi Rame