Review Wotaku ni Koi wa Muzukashii : Anime Romance Khusus Para Otaku


Assalamu'alaikum minna-san~
Gimana kabarnya? baik kan ? Semoga baik selalu ^^
Akhirnya, setelah berkali-kali ditunda karena mimin males banget ngetiknya sejak Oktober 2020 dan pada tahun 2021 ini baru terealisasi. Selamat Sya-chan, anda sekarang benar-benar mirip kayak pemilik fansub-fansub anime Indo yang sering ngaret (ini bercanda ya). Tapi santuy aja, lah wong ini anime termasuk anime lama jua, jadi bikin ini review hukumnya mubah (ya semua review juga mubah min). Untuk judul mimin rasa juga gak harus otaku-otaku banget buat mantengin nih anime, semua orang bisa menonton ini anime.

Kembali ke pembahasan. Mimin ingin mengingatkan sebelumnya kalau review ini memuat konten 'S' alias Spoiler. Saya tidak bertanggung jawab jika anda tidak minat lagi menonton anime ini setelah membaca full review ini. Bagi kalian yang tidak masalah dengan spoiler atau yang sudah nonton mari kencangkan sabuk pengaman, atur posisi rebahan, sesuaikan kecerahan layar anda dan diharapkan tenang dalam perjalanan ini. OK, link start!

Mimin ngelihat Hirotaka macam tokoh anime kucingpoi njir


 
Sc : MAL


Tayang : 13 April 2018 - 22 Juni 2018
Anime Musim : Spring
Episode : 11
Jam Tayang : Jumat, 00.55 (JST)
Studio : A-1 Pictures
Genre : Comedy, Romance, Slice of Life
Rating : PG-13

Sinopsis dari anime ini menceritakan kisah dua orang otaku garis keras, Hirotaka dan Narumi yang sudah berteman sedari kecil dan sudah mengetahui hobi masing-masing. Hirotaka yang seorang otaku gamer akut dan Narumi seorang otaku anime dan manga high level + fujoshi (kalau gak tahu arti fujoshi, bisa kalian search sendiri di google. Mimin males jelasinnya wkwk).

Singkat cerita, Narumi yang saat itu baru pindah ke kantor barunya dengan alasan identitas otaku-nya telah diketahui teman-teman kantornya yang lama + diputusin pacar dia yang sebelumnya. Bertemu kembali dengan Hirotaka di kantor yang baru dan secara tidak sengaja ia membocorkan identitas otaku Narumi di depan boss mereka (yang akhirnya jadi teman debat bahas uke-seme anj-). Setelahnya Narumi dan Hirotaka singgah kesebuah kedai "mabuk asik-asik jos" dan saling mengutarkan isi hati, Narumi merasa kalau dia susah mendapatkan pasangan yang bisa mengerti hobinya, karena pacar dia sebelumnya memutuskan Narumi karena mengetahui Narumi seorang otaku akut. Nah di sini adegan yang paling mimin suka anjay wkwk. Saat Hirotaka nembak Narumi saat perjalanan pulang, asli mimin ngakak habis dua pasangan otaku sehati-seirama ini. Gak habis pikir aja Narumi nge-jawabnya simpel, jelas dan padat, dijawab gak pikir panjang, asli ngakak lah wkwkkwk.

Nge-wibu bareng


Cerita : 8.5/10

Kisah cinta dua orang otaku ini sangat worth it banget untuk diikuti buat kalian yang mungkin bosan dengan cerita romance remaja-remaja atau mungkin kalian yang juga sudah bosan dengan cerita harem-harem yang sekarang cuman jual fanservice doang atau bisa saja sedang ingin move on dari romance NTR macam DomeKano. Anime Wotakoi mungkin pas buat mengisi waktu luang anda. Dengan cerita romance yang mungkin relate banget dengan kalian yang punya pacar satu frekuensi kewibuannya (bagi yang jomblo skip), dijamin bakal senyam-senyum gak jelas sampai-sampai ibu-bapak bingung dan ngomong dalam hati, "ni anak kenape? senyam-senyum teros? dah gila kali ye~".

Cerita romance yang ada anime ini menurut mimin juga bisa diambil sisi baiknya juga, seperti untuk saling mengerti kesukaan pasangan, menerima segala kelebihan & kekurangan pasangan, untuk lebih terbuka (perasaan, bukan pakaian) jikalau ada masalah atau hal yang mengganjal di hati kepada pasangan dan masih banyak lagi. Selain itu cerita yang disajikan juga fresh, walau di episode awal-awal mimin perlu adaptasi sama nih anime (yah intinya kayak nyocokin diri sama nih anime biar romcom-nya ngena). Selebihnya, anime duo otaku calon pasutri ini recommended bagi kalian yang masokis atau haus akan ke-uwu-an anime romance ala-ala Tonikaku Kawaii.

Proporsi kisah cinta masing-masing juga menurut mimin pas, walaupun tokoh utama dalam cerita ini Hirotaka dan Narumi. Namun, kisah cinta Kabakura dan Hana-chan juga mendapat porsi yang pas menurut mimin. Juga kisah cinta Nao-chan dengan Kou yang bikin mimin gemes banget anj- wkwkwk. Semisal season 2 nanti ada, mimin sangat berharap kisah cinta duo gamers dengan skill berbeda ini mendapat banyak porsi wkwk.

Si Kou manis juga njir



Overall, mimin paling suka episode 3, 6, 8, 9 dan 11. Terutama episode 6 dan 9, menurun mimin cerita disajikan benar-benar kyut banget sekaligus bisa diambil hikmah dan pembelajarannya wkwk.





Grafik/Animasi : 8.4/10

Membahas grafik atau animasi anime ini mimin rasa nggak terlalu bertele-tele. Grafiknya lumayan enak dan memanjakan mata walaupun dibeberapa scene agak kurang ngeh, tapi mimin akui studio sudah benar-benar sangat baik dalam mengadaptasikan anime ini. Dengan tampilan penuh warna, sampai-sampai mimin kepikiran kalau Narumi, Hirotaka, Kabakura dan Hana-chan macam Power Rangers, sebab orang-orang lain yang ada di kantornya memakai pakaian jas hitam polos, celana hitam polos, rambut hitam polos, sedangkan mereka berempat dengan warna berbeda dari yang lain. Yah maklum sih, namanya juga tokoh utama wkwkwk. Mimin juga adaptasi Opening dan Endingnya, kesan romcom-nya kerasa, ngena dan pas menurut mimin. Jadi buat kalian yang masih ragu nonton anime ini, mimin sarankan gaskeun aja. Mayan juga nih anime sangat worth it banget buat dijadiin foto profil Facebook atau Discord kalian, atau status WhatsApp kalian.



Karakter : 8.4/10

Ok, pertama-tama mimin ingin mengomentari desain karakternya. Desain karakternya menurut mimin bagus, enak banget buat dipandang (terutama Narumi). Perpaduan, enngghh mungkin bisa dibilang kombinasi warna yang pas yang bikin mimin demen banget sama karakternya. Si Narumi identik dengan warna merah muda atau pink dipadukan dengan pasangannya Hirotaka yang identik dengan warna biru, warna cerah dikombinasikan dengan warna gelap, ini menurut mimin benar-benar naise banget lah (mimin harap kalian paham maksudnya ya wkwk). Lalu, kombinasi sifat yang benar-benar mimin sukai juga. Si Narumi dengan sifat lebih periang, manis, imut namun ceroboh dipasangkan dengan Hirotaka yang sifatnya kalem, cool, dingin dan super bisa diandalkan benar-benar bagus banget menurut mimin.

Love Development dan Chara Development-nya juga benar-benar bagus dan tertata rapi menurut mimin, walaupun kebanyakan pengembangannya lebih ke tokoh Hirotaka. Kilas balik sosok Hirotaka yang terobsesi pengen menjadi orang dewasa dengan menindik telinganya benar-benar mimin suka, juga sosok Hirotaka yang sebelumnya pendiam dan sulit bergaul semenjak bertemu kembali dengan Narumi seperti lebih mudah untuk diajak berkomunikasi (jujur bagian ini susah banget buat di-review karena mimin udah mulai lupa jalan ceritanya wkwk).

Suara : 8.7/10

Sukaaaaaaaaaaaaaaaa banget sama ini asli. Openingnya benar-benar ear-catching banget di telinga, begitu juga dengan lagu endingnya, benar-benar nge-pas banget sama animenya. Mimin paling suka saat anime-nya hampir berakhir lagu ending-nya juga diputar sebagai backsound, menurut mimin ini benar-benar nice banget dan mimin makin suka karena selalu diulang seperti itu di setiap episodenya.


Seiyyu-nya benar-benar menjalankan tugas dengan baik. Mimin suka banget dengan suara seiyyu Narumi (Date, Arisa) yang imut banget, lalu suara seiyyu Hirotaka (Itou, Kento) yang bikin kalem. Untuk Kabakura no comment, Sugita-san emang sudah cocok banget mengisikan suara Kabakura. Lalu seiyyu Hana-chan (Sawashiro, Miyuki)yang juga suka sukses mengisi suara Hana-chan yang menggoda (ternyata dia juga menjadi seiyuu dari tokoh Riruru dari Movie Doraemon loh~). Yuki Kaji yang memerankan Mawang Jaeger Nao dan Aoi Yuuki yang memerankan Kou juga benar-benar bagus.

Backsound suara sekitar seperti suara hujan, guntur, kafe dan banyak lagi yang dieksekusi dengan baik dan musik latarnya yang menurut mimin pas banget buat anime romcom juga menjadi nilai lebih untuk anime ini. Intinya, untuk suara review mimin benar-benar nice lah!
 
Wokeh

Jadi, overall inilah rangkuman review mimin.

Cerita : 8.5/10
Grafik/Animasi : 8.4/10
Karakter : 8.4/10
Suara : 8.7/10
Nilai Akhir : 8.500
MAL Score : 7.9


Anime ini direkomendasikan buat kalian yang wibu akut juga pengen tahu dan belajar manisnya romansa otaku yang merangkap menjadi orang kantoran. Buat kalian yang demen banget juga dengan anime romance, wajib banget buat nonton ini.
Akhirul kata, wassalamu'alaikum minna-san~



Comments

Yang Lagi Rame