Review Ani ni Tsukeru Kusuri wa Nai! : Anime Kok 3 Menit. Emang Worth It?

 



Assalamu'alaikum minna-san~

Gimana kabarnya? baik kan? semoga baik selalu ^^

Ok, kali ini bakal nge-review anime yang sudah mimin tonton sejak setengah tahun lalu dan penulisan reviewnya nunggak terus karena males. Balik ke pembahasan, seperti judul yang tertera di atas, ini anime mempunyai durasi yang sangat singkat, hanya 3 menit 30 detik. Dengan 27 detik opening dan 3 menit 3 detik jalan cerita. Pada awalnya mimin nggak percaya ada anime singkat seperti ini dan bahkan sudah mempunyai 3 season (dan pada saat mimin menonton terdegar kalau seaso 4-nya segera tayang (udah mimin tonton)) yang mana anime keren macam No Game No Life aja belom ada kabar sama sekali untuk season 2-nya #PoorNGNL. Tapi setelah melihat dan mengecek sendiri di MyAnimeList ternyata anime 3 menit beneran ada dan bikin kagumnya lagi rating-nya lumayan tinggi menurut mimin, 7.46 (rating 24 Januari 2021).

Kembali ke pembahasan. Mimin ingin mengingatkan seperti sebelumnya. Kalau review ini mengandung sedikit zat senyawa 'S'. Sulfur Janai Spoiler Da! Mimin nggak bertanggung jawab jika sehabis baca review ini kamu malah nggak minat lagi nonton anime ini. Jadi bagi yang tergabung dalam sekte anti-spoiler tipis apalagi banyak harap tinggalkan tempat ini dan langsung tonton animenya, dijamin gak bakal nyesel. Buat kalian yang siap baca harap kencangkan sabuk pengaman, benarkan posisi bantal, atur kecerahan layar, kalau mau pakai dark mode blog ini aja, ayo gaskeun skuy




Tayang : 7 April 2017 - 23 Juni 2017
Anime Musim : Spring
Episode : 12
Jam Tayang : Jumat, 21.55 (JST)
Produser : bilibili, Tencent Penguin Pictures
Studio : Fanwork, Imagineer
Genre : Slice of Life, Comedy, School
Rating : PG-13
Durasi : 3 menit/episode


Anime pendek ini mengisahkan dua kakak-beradik yang hampir gak pernah akur yaitu Shi Fen (kakak) dan Shi Mao (adik). Mereka berantem mulu karena kelakuan Shi Fen yang kelampau absurd. Selain Shi Fen, ada juga Kai Xin yang sama sablengnya dengan Shi Fen, otaknya isinya cuman basket, basket dan basket. Lalu ada Banzai yang kelewat waras saking gak mau identitas aslinya sebagai sultan tajir nan kaya raya kebongkar. 

Sebenarnya nggak terlalu banyak yang bisa mimin ceritakan tentang anime absurd ini. Karena durasi anime ini yang kelewat pendek (3 menit / episode) juga ceritanya juga yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. 



Cerita : 8.3/10

Kisah dua kakak beradik ini benar-benar worth it banget buat ditonton. Adik yang kelampau overpower dalam bela diri + kakak yang kelampau sableng benar-benar bisa menemani hari mu. Apalagi anime ini cuman berdurasi 3 menit 30 detik, itu pun dipotong opening 27 detik, jika dibulatkan kalian cuman menonton 3 menit per satu episode. 3 menit * 12 eps. = 36 menit.eps.. Dengan kata lain anime ini cocok banget buat kamu yang mungkin sekarang udah nggak punya waktu lagi buat nonton anime entah karena sibuk kerja, kuliah atau belajar daring. Anime dengan 12 episode ini bisa anda lahap dengan sekali duduk atau rebahan di jam istirahat anda.


Kisah di anime ini mungkin bisa dibilang relate dengan kehidupan anak sekolah pada umumnya, akan tetapi anime ini diberi bumbu komedi absurd sehingga menjadi lebih menarik, fresh dan nyaman buat dinikmati. Mungkin satu hal menurut mimin kekurangan dari anime ini justru dari masalah durasi yang kependekan (cuman 3 menit, asli mimin kurang puas wkwk tapi ya mau gimana lagi kan cerita dari sananya langsung) dan episode-nya yang kedikitan, cuman 12 episode (sudah 3 menit + cuman 12 episode pula, gak kebayang bagi mereka yang udah mantengin ini anime sejak pertama kali rilis harus nunggu lama buat season 2-nya). Selain itu anime ini juga membuka mata hati mimin terhadap manhua (komik China) yang sudah mimin steorotif sendiri di otak mimin terkenal sebagai komik yang isinya cuman soal fighting-fighting, tokoh utama overpower dari awal, alur cerita yang gitu-gitu aja dan banyak lagi gak bisa mimin sebutin satu-satu menjadi, "wah ternyata manhua China ada juga yang rame, bahkan sampai dibikinin anime pula. Mana produsernya Tencent pula, bisa-bisa jadi PUBG juga nih anime nanti.".


Jujur saja, mimin benar-benar dipuaskan dengan kesablengan kakaknya Shimao, Shi Fen dan sahabat karibnya yang sama sablengnya, Kai Xin. Episode yang paling ngena sablengnya buat mimin waktu mereka berdua rela buang harga diri cuman buat dapat diskon + prasmanan di restoran berkelas. Asli sumpah itu ngakak parah mimin, ditambah ending yang sangat membagongkan (harap maklum mimin keseringan nonton channel IQ7) membuat mimin ketagihan dan langsung gas ke season 2 setelah melahap 12 episode anime absurd ini.

Asli bagus banget sih ini adegan jadi penutup season

Overall, episode yang paling mimin suka adalah episode 2, 3, 6, 7, 8 dan 12. Terutama episode 6, benar-benar terasa sablengnya wkwk.

Asli ini paling ngakak anjir

Grafik/Animasi : 8.3/10

Membahas grafik atau animasi, anime ini menurut mimin unik banget. Why? alasannya ada di lineart-nya yang dibikin berbeda dari anime kebanyakan. Lineart di anime ini kesannya mirip banget sama yang namanya manhwa/manhua, entah emang lineart ini mengikuti manhua (web comic)-nya atau emang disengaja, tapi ini benar-benar enak dan menjadi nilai plus bagi mimin. Selain berbeda dari anime kebanyakan, kedua kesannya jadi lebih halus dalam animasinya. Juga sebagai ke-khas-an anime ini dan tidak meninggalkan ciri khas yang membedakan manhwa/manhua dan manga selain warna, yaitu lineart-nya! (Maafkan pengetahuan mimin masih agak kurang untuk membedakan berbagai jenis pen yang digunakan dalam menggambar).

Adegan yang lumrah di anime ini



Karakter : 8.4/10

Untuk bagian ini sebenarnya nggak banyak yang bisa dibahas, desain karakternya seperti anak sekolah kebanyakan. Hanya mungkin jadi lebih halus dan enak dipandang di mata mimin karena pengaruh lineart-nya yang ngikut gaya manhwa/manhua.


Chara Develompment-nya pun masih belum banyak hal yang bisa dibahas (mimin bakal banyak bahas ini di review season 2-nya) selain perkembangan karakter Shi Mao yang kesemsem dengan sosok Kai Xin dan sifat manisnya di balik sifat macam gorilla, lalu ada Shi Fen yang perlahan diperlihatkan sisi peduli, Kai Xin yang bisa juga bijak dan Banzai yang karakternya makin cinta dengan kehidupan anak kost. Selain itu rasa mimin sebaiknya kita bahas nanti di season 2 yang memiliki total 24 episode.


Suara : 8.5/10

Masalah sound menjadi nilai plus buat anime ini, dari opening anime ini yang ajib banget dibawakan oleh Brian The Sun. Backsound animenya pun nge-pas dan enak ditelinga, mimin paling suka kalau udah dengar musik latar "dug dug dug jedag jedug dug dug dug jedag jedug jeng jeng jeng jeng jengggggggg teng" begitulah, bentar mimin searching dulu judul musik latar yang ngisi anime ini. Ok, gak dapat ternyata. Yah, intinya backsound bagus dan pas buat suasana yang ada di animenya.

Seiyyu-seiyyu-nya pun benar-benar totalitas menjalankan perannya. Mimin suka suara semua karakternya. Mimin gak menyangka seiyyu sekelas Kensho Ono bisa memeran tokoh sesableng Kai Xin wkwk, juga Yuuichi Nakamura yang memerankan Sakata Kintoki (tapi yang ini tokohnya semi-normal juga sih). Untuk seiyyu Banzai (Natsuki Hanae)(Wan Sui, baru tahu mimin nama China-nya ini) juga pas banget, karena mimin selalu teringat sama peran absurdnya di anime Saiki (mungkin nanti bakal mimin review animenya). Yang paling kentara mungkin seiyyu Shi Fen yaitu Yuuichi Nakamura (Gray dari Fairy Tale) dan Shi Mao yaitu Sora Amamiya (Aqua dari Konosuba), kapan lagi ngedengar suara Sora Amamiya versi bar-bar dan Yuuichi Nakamura jadi masokis wkwkwkwkwk.

AAAAAAAAAAAAAAAAARGHHHHH

Untuk backsound sekitar mimin ngga terlalu mempedulikannya, karena rata-rata episodenya diisi dengan dengan musik latar. Overall bagian ini merupakan yang paling bagus di anime ini.

Jadi, overall inilah rangkuman review dari mimin.

Cerita : 8.3/10
Grafik/Animasi : 8.3/10
Karakter : 8.4/10
Suara : 8.5/10
Nilai Akhir : 8.375
MAL Score : 7.5

mayan tinggi juga nilainya



Jadi anime sangat direkomendasikan buat kalian yang punya jadual padat tapi masih kepengin dan punya hasrat tinggi buat nonton anime. Ani ni Tsukeru Kusuri wa Nai! cocok buat mengisi waktu luang kalian dan mengisi rasa kewibuan kalian.

Akirul kata mimin ucapkan terima kasih, jika kalian suka dengan review mimin bisa kalian komen, share dan terus berlanggangan dengan blog ini karena mimin ke depannya bakal sering update review anime-anime yang pastinya menarik buat kalian, wassalamu'alaikum minna-san~



Comments

Yang Lagi Rame