Urutan Nonton Anime Gintama (+ bacot-bacot dikit)


Assalamu'alaikum minna-san~
Konnichiwa, gimana kabarnya? baik kan? baik kan? baik ajalah, masa nggak. Jangan lupa buat terus bersyukur, karena belum tentu masih ada hari esok buat kita kan? Wokehlah kali ini aku mau bahas urutan anime yang paling kusukai, yaitu anime Gintama. Anime yang katanya merupakan anime paling lucu sejagat anime (tergantung selera humor masing-masing ya kan?). Jujur sebenarnya aku buat ini catatan (mulai sekarang, kata postingan kuganti jadi catatan karena biar ngepas sama nama blog ini) karena banyak kali lah orang-orang nanya ke aku dan animelovers yang udah namatin Gintama, "bang-bang urutan nonton Gintama apa aja bang? mau nonton" atau "bang-bang, nonton Gintama darimana dulu urutannya?" dan banyak lagilah pertanyaan sejenis yang ditanyakan animelovers-animelovers di luar sana yang kayaknya ketipu sama konten-konten web atau video momen lucu Gintama di Facebook atau Instagram yang ngatain kalau Gintama anime nomor wahid kalau masalah komedi, pokoknya jamin deh elu bakal ketawa ngakak kalau nonton Gintama, katanya. Aku pun nonton Gintama awalnya juga kena trap-trap (bukan trap anime BNP) kayak gitu, kita balik ke tahun 2015 , waktu itu aku masih kelas 2 SMP kayaknya kalau nggak salah. Waktu itu aku nggak sengaja baca postingan kalau anime Gintama ngeparodiin Detektif Conan. Kalau kalian pengen baca postingannya silahkan klik di sini. (aku nggak ngiklanin ya, cuman sebagai bentuk terima kasihku karena udah ngenalin sama Gintama).


Dan setelah itu ceritanya panjang, mungkin bakal kuceritain di lain waktu aja di catatan lain. Sebelum aku ngasih tahu urutan nontonnya, aku mau ngasih wejangan buat kalian yang pengen nonton anime Gintama ke depannya. Pertama, jangan stop kalau kalian merasa komedinya nggak lucu, kalau kalian sejak awal nggak ada tekad buat namatin ini anime sampai habis (367 episode dan 3 movie), mending nggak usah. Kenapa? karena ngabisin kuota kalian aja (bagi penonton bajakan). Biasanya kalau di situs 'bajak laut', anime Gintama dibagi dengan banyak file/batch. Satu file/batch ini biasanya cuman memuat 30-50 episode doang dan satu file/batch itu ukurannya bisa kisaran 3 GB - 5 GB. Kita ambil rata-rata aja deh satu file/batch itu 4 GB dan isinya 50 episode, Gintama punya 367 episode, yang artinya ada sekitar 7,34 file (kita bulatin aja ya jadi 7 file). 7 kali 4 GB = 28 GB. Apa kalian rela ngehabisin 28 GB kuota anda cuman buat berhenti di tengah jalan, tapi kalau kalian pakai Wi-Fi ya gak papa, download aja. Yah boleh aja sih juga download satu file doang, tapi komedi Gintama itu baru dapet banget setelah 50 episode ke atas, dengan kata lain kalian harus download file-lah minimal buat nonton Gintama. Kedua, kalau setelah nonton semua episode di dua file tersebut dan merasa gak cocok kalian bisa hapus. Dah selesai wejangannya wkwk. Tapi aku berani jamin kalian gak bakal nyesal ngelahap anime Gintama sampai habis. Ya masih untunglah anime Gintama cuman 367 episode + 3 Movie. Coba lihat ONE PIECE, udah mau seribu episode, masih belum nampak bakal tamat, sudah dua generasi yang merasakan petualangan ONE PIECE. Entah kapan tamat ini ONE PIECE, aku rasa sampai Oda udah wafat pun masih jalan aja ini anime wanpis, aku yang sekarang aja cuman bisa baca manganya aja karena nggak tahan harus nonton 900+ episodenya (walau jamin gak bakal nyesal juga sih, kuakui anime ONE PIECE itu sama serunya dengan Gintama. Apa anime/manga dengan episode/chapter yang panjang emang seru-seru semua ya? silahkan sampaikan pendapat kalian di komentar).

Bacotan terakhir, sebenarnya urutan nonton anime ini udah pernah kucatat di blog ini loh, "yang mana bang? yang mana bang?". Kalian bisa lihat di sini. Itu catatan review nanti bakal kurevisi juga sih, mumpung libur juga kuliah (katanya) dan menyusul review movie terakhir anime Gintama. Tanpa basa-basi lagi, ini dia urutan nonton anime Gintama!!!


1. Gintama (Episode 1-201)
2. Gintama Movie 1 : Shinyaku Benizakura-hen (Opsional, terserah mau nonton apa nggak. Tapi kusarankan tonton aja)
2. Gintama' (Episode 202-252)
3. Gintama' : Enchousen (Episode 253-265)
4. Gintama Movie 2 : Kanketsu-hen - Yorozuya yo Eien Nare (Wajib nonton)
5. Gintama° (Episode 266-316)
6. Gintama. (Episode 317-328) (Mulai dari sini setelah kata Gintama ada tanda baca '.' ya~)
7. Gintama. : Porori-hen (Episode 329-341)
8. Gintama. : Shirogane no Tamashi-hen (Episode 342-353)
9. Gintama. : Shirogane no Tamashi-hen - Kouhan-sen (Episode 354-367)
10. Gintama. : The Semi-Final (2 Episode Spesial)
11. Gintama : The Final (Ini Movie 3, kemarin baru tayang di bioskop Indo. Kalau mau nonton versi 'bajak laut' nunggu lebih lama lagi)

Tambahan, kalau kalian pengen nonton semua yang berhubungan dengan Gintama, berikut list-nya :

1. Gintama Jump Festa 2006
2. Gintama Jump Festa 2008
3. Gintama Jump Festa 2014
4. Gintama Jump Festa 2015


Dah jelas kan? Kalau gitu aku ucapkan selamat menonton, jangan menyerah dan mohon maaf jika ada salah kata yang mungkin menyinggung perasaan. Akhirul kata Wassalamu'alaikum dan salam janai Katsura da!




Comments

  1. wah asyik nih udah dirinci sampe sedetil ni kalau mau nonton gintama, udahannya ada spekulasi nontonnya via kuota dan wifi juga sekalian webnya hahahaha...

    okey deh sekarang postingan di sini nyebutnya catatan ya biar samaan kayak tagline blognya

    kalau nonton anime episodenya ratusan atau lebih emang diperlukan tekad yang kuaaad hihihi...aku belom nonton ini...tapi kalau ngeliat dari rekomendasimu kayaknya ya mirip mirip dengan keseruan wanpis yaaaa hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang lebih mirip wanpis, namun ini versi komedi-nya mbak~
      eh tunggu, Mbak Gusty pernah nonton Wanpis?????

      Delete
    2. nonton banget kalau one piece mah aku wkwkwkkw

      Delete
    3. Sampai sekarang masih nonton??!!!
      Kereeeeeeeeeeennnnn wkwkwkkwkw

      Delete
  2. Kalau lu dah nonton semua cok?

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Biar gak banyak yang nanya lagi soal urutan dan lainnya wkwk 🤣

      Delete
  4. bang, apa gintama punya epside ova/ona/spesial?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya, yang OAD ada dua episode, arc Potion Love.

      Delete
    2. Selain itu sebenarnya masih ada lagi, kayak kolaborasi Gintama sama suatu merk atau game gitu, tapi aku lupa berapa banyak.

      Delete
  5. Bang, gintama jump festa tuh apaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jump Festa itu acara tahunan majalah tempat Gintama terbit, Shounen Jump. Biasanya di Jump Festa ini kabar-kabar manga yang dijadiin anime di-reveal. Nah, biasanya Gintama bikin animasi spesialnya juga di Jump Festa khusus pengumumam-pengumuman penting gitu.

      Delete
  6. bang, saya lagi di eps 154 udah mulai boring. itupun 4x vakum. sabi gak kalo langsung loncat ke eps 190an?

    ReplyDelete
  7. Hallo kak, inih kalo mau nonton lengkapnya dimana yaaa? Soalnya situs yang lengkap saya tonton ituh kena blokir jadi gatau lagi inih yang full web nya ituh dimana yaa. Kalo bisa kasih rekomendasi untuk situs nonton anime gintama lengkapnya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat situs aku kurang tahu kak di mana enaknya dan gak diblokir, soalnya aku nonton ngebatch download. Mungkin coba cari-cari lagi kak atau nggak bisa ditanyakan di facebook, ada grup Gintama Fans Indonesia, mungkin ada yang bisa membantu di sana.

      Delete

Post a Comment

Komen aja, saya gak gigit kok :3

Yang Lagi Rame