Review Gokushufudou : Jangan Remehkan Yaku- Bapak Rumah Tangga!


Assalamu'alaikum minna-san~ konnichiwa~
Akhirnya bisa balik lagi nge-nulis review anime, bagi kalian yang sering berkunjung ke blog ini mungkin paham kalau aku saat ini tengah melalui badai-badai kegiatan kuliah (bisa dilihat di lima post sebelumnya). Kali ini aku bakal nge-review anime bertemakan yakuza bapak rumah tangga yang berjudul Gokushufudou (The Way of the Househusband) atau kalau dilokalisasikan judul mungkin Preman Pensiun Suamiku, Bapak Rumah Tanggaku Ternyata Juga Seorang Mantan Yakuza (sekilas malah kayak judul sinetron Indosiar salah satu televisi swasta. 

Gokushufudou mengisahkan Tatsu, yang dahulunya seorang Yakuza yang tidak terkalahkan bahkan sampai dijulukin Tatsu Sang Naga Abadi (Immortal Tatsu), bahkan dengan melihat wajahnya saja dari petugas polisi sampai penjahat kejam sekalipun bakal ciut, kaki lemas, bibir pecah dan sariawan (pakai larutan penyegar cap badak sahaja) karenanya, sekarang malah muncul dengan profesi berbeda sebagai bapak rumah tangga wajah preman tapi hati hello kitty.

Yang menariknya dari anime ini diproduseri oleh Netflix dan juga tersedia platform streamingnya. Jadi bagi kalian yang ingin menontonnya secara legal, bisa berlangganan Netflix (yang mana ada versi liveaction dari anime ini, jadi bisa sekali berlangganan dua-tiga tontonan terlampaui).  Dan sebelum kita memasuki sesi review-nya, aku ingin memperingatkan kalau review ini memiliki rating 'S' yang artinya ada spoiler-spoiler tipis. Bagi kalian yang anti banget sama spoiler dan bahkan bakal gatal-gatal kalau dengar kata spoiler, harapkan tinggalkan postingan review ini, langsung tonton animenya (baik dengan cara legal atau ilegal), balik lagi ke blog ini dan berikan opini kamu di kolom komentar. Bagi yang 'b aja' dengan spoiler maka siapkan cemilan-cemilan dan minuman pendamping anda, perbaiki posisi rebahan/duduk anda, jaga jarak mata dengan layar dan pastikan membaca di tempat dengan cahaya yang cukup dan here we go, LETS READING~~!!!!!!!

Nb : buat tambahan aja sih, kalau seluruh review yang kuketik di postingan ini merupakan opiniku, jika kalian merasa punya opini, pendapat atau review yang berseberangan bisa kalian sampaikan di kolom komentar. Santuy, aku nggak ng'gigit kok ^^




Tipe Anime : Series / ONA
Tayang : 8 April 2021
Anime Musim : Spring
Episode : 5
Jam Tayang : -
Produser : Netflix
Studio : J.C. Staff
Source : Manga
Genre : Comedy, Romance, Slice of Life
Rating : Nonen
Durasi : 17 Menit per episode



Cerita : 8.6/10

Alur cerita yang disajikan di anime benar-benar bisa dinikmati walau memiliki kekurangan yang sangat-sangat-sangat dan sangat 'wah' parah di bagian lain (grafik). Entah kenapa justru ceritanya malah lebih ngena karena grafik animasinya yang dibikin seakan-akan gak niat tersebut. Ini mengingatkanku dengan Konosuba yang juga menerapkan grafik pas-pas-an namun komedi dan cerita yang disediakan tetap jos gandos. Anime ini dalam satu episode terdiri dari beberapa bagian, aku lupa berapa bagian kalau nggak salah sekitar 8-10 bagian sebelum akhirnya muncul lagu ending. Karena banyak hal di atas tadi, waktu pertama kali nonton anime ini, my first impression berasa kayak lihat komik strip atau komik pendek tapi dianimasikan dan itu membuatku harus sedikit perlu beradaptasi karenanya. Mungkin kekurangan dari cerita di anime ini adalah episodenya yang kedikitan, cuman 5 episode. Ayo J. C. Staff, langsung gas ke season 2, mumpung animenya kayak Power Point wkwkwk (canda). Bonus review mungkin tentang pacingnya yang menurutku pas-pas aja nggak cepat dan lambat dan cocok banget ditonton buat kalian yang pengen nyari hiburan ringan.

Bagian atau cerpen (kusebut cerpen karena satu bagian dengan bagian yang lainnya berbeda kisah, karena itu juga kusebut tadi kalau anime ini berasa kayak komik strip) yang kusukai dari anime adalah ketika Tatsu ngerayain ultah istrinya (suara Tatsu waktu nyanyi lagu Happy Birthday bikin ngakak sumpah), Mengasuh anak tetangga (paling ngakak waktu si Tatsu ngajak 'main' anak tetangganya), olahraga di pusat kebugaran, milih mobil buat dibeli, main voli bareng tante-tante, ngumpulin tanda tangan buat ngelotre, mertua berkunjung, pertarungan melawan kecoa, jadi santa di pesta natal anak kampung dan yang paling the best menurutku ketika istri Tatsu (Miku) dan anak buah Tatsu (Masa) kerjasama bikin pesta kejutan buat ngerayain ulang tahun Tatsu, dari awal sampai akhir asli cuman bisa cengengesan lihat kelakuan mereka berdua. Jadi, menurutku untuk dari segi cerita anime ini worthy banget buat ditonton (aku masih belum nonton live action-nya sih, tapi kalau dilihat kayaknya bikin ngakak juga wkwk).

Happy Birthday :)



Grafik/Animasi : 5.5/10

Ok, ini yang sempat jadi menjadi bahan perbincangan di kalangan pencinta anime. Jujur dari hati yang nggak terlalu dalam, grafik/animasi yang disajikan oleh anime Gokushufudou benar-benar 'berbeda'. Berbeda di sini dalam artinya negatif, dengan adaptasi yang banyak orang mengira kalau pihak studio tidak becus menggarap anime (mana diproduseri oleh Netflix juga). Namun kenyataannya grafik/animasi yang 'berbeda' di anime memang atas dasar keinginan sang pembuat cerita (manga). Dan menurutku perihal animasinya yang mungkin agak 'berbeda' ini justru memberi warna dan keunikan tersendiri untuk animenya, yah walau butuh beberapa saat untukku beradaptasi dengan animasi power point semi still frame yang ditampilkan. Selain itu dengan grafik/animasi seperti ini juga membuat komedinya jadi lebih ngena menurutku. Bagi kalian yang udah nonton anime bisa berikan komentar untuk bagian ini, karena aku nggak bisa berkata-kata banyak buat yang ini wkwkwk. 

Satu hal yang kurasa bisa dicatat adalah, bagi kalian yang berharap anime ini menampilkan grafis fantastis seperti anime Kimetsu no Yaiba (Demon Slayer) atau Fate maka harap buang jauh-jauh pemikiran itu dan mari nikmati lelucon yang menurutku benar-benar to the point.

Nb : satu-satunya yang kusuka mungkin adalah ketika wajah Tatsu terlihat mengintimidasi orang disekitarnya

Pergerakan hula hop-nya sungguh WOW wkwkwk


Karakter : 7.8/10

Pada awalnya aku ingin memberi nilai 8 pada bagian ini, tapi setelah kupikir kayaknya kebanyakan deh, jadi kukurangin aja karena animasinya yang kebangetan wkwk (maafkan aku). Walaupun begitu aku suka banget dengan tingkah laku Tatsu yang sekarang bisa dibilang suami idaman banget wkwk (fyi, aku cowok ya dan aku normal). Dari bisa masak, bersih-bersih rumah, beli bahan makanan, ngurus anak-anak bahkan sampai upaya-upaya dia buat nyenengin istrinya benar-benar harus diapresiasi dan di contoh bagi kalian kawula muda yang masih jomblo tapi masih harus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Bayangkan saja Tatsu yang dulunya yakuza sangar yang katanya ngehabisin 10 geng rivalnya dalam semalam bisa jadi bapak rumah tangga yang serba bisa. Selain itu sisanya aku merasa yang paling mencolok penampilannya adalah si kucing milik Tatsu dan Miku, yaitu Gin yang di beberapa adegan disorot dan cukup bikin ketawa dengan tingkah lakunya yang kelewat polos. Juga istrinya yang kelewat santuy banget, padahal suaminya adalah mantan yakuza yang tiap hari masang tampang ngajak gelud :).

Untuk chara development nggak ada yang bisa kukomentari karena anime hanya punya 5 episode dan ceritanya yang terkesan mirip kayak komik strip yang ceritanya kepotong-potong (ya wajar aja sih, namanya juga anime slice of life ya cuman penggalannya doang yang diceritain), sehingga aku rasa untuk penilaian ini nggak terlalu kuperhatikan amat, yah mungkin perkembangan karakter Masa yang sebelumnya nggak terima Tatsu sang yakuza legendaris malah jadi bapak rumah tangga, sekarang malah minta ajarin Tatsu buat jadi bapak rumah tangga.

Alhamdulillah, cucian kering ^^


Suara : 8.4/10

Untuk bagian suara, aku benar-benar suka dengan backsound-nya benar-benar komedi banget menurutku, lagu opening dan endingnya pun sama, perpaduan rock dan bumbu-bumbu komedi emang pas banget kayaknya. Pengisi suara Tatsu yang di sini diperankan oleh Kenjiro Tsuda benar-benar premanable banget, asli cocok banget ini pengisi suara memerankan tokoh-tokoh anime yang punya tampang sangar. Selain itu kurasa nggak ada yang terlalu spesial banget dengan bagian suara di anime ini. Yang membuat bagian ini tinggi intinya adalah backsound-nya yang menurutku pas banget dan pengisi suaranya yang juga mantap banget.

Hmmmmm ^^

Cerita : 8.6/10
Grafik/Animasi : 5.5/10
Karakter : 7.8/10
Suara : 8.4/10
Nilai Akhir : 7.575
MAL Score : 6.97

So, kalau ditanya anime ini recommended apa nggak buat ditonton? jawabannya, mau dibilang recommended susah, dibilang nggak recommended juga susah. Ini anime sebenarnya bagus banget secara adaptasi cerita dan suara, namun nggak banget dibagian animasinya bagi penikmat anime yang tokohnya gerak-gerak terus atau animasinya mulus banget. Bagi kalian yang belum nonton lalu kepengen nonton ini kusarankan untuk menonton secara relax aja, nggak usah terlalu berekspetaksi tinggi karena hanya karena baca review ini. Nikmati saja apa yang ditampilkan, anime ini menurutku lumayan buat dinikmati saat rehat tugas atau sehabis kerja, karena cuman 5 episode dan per episode cuman 17 menitan. Jikalau kalian punya pendapat kalian sendiri, kalian boleh mengutarakannya di kolom komentar yang ada di bawah, gratis kok tanpa dipunggut biaya. Apabila aku ada salah kata yang menyinggung hati dan perasaan kalian mohon di maafkan (ini sekalian minta maaf sebelum puasa berakhir). Akhirul kata wassalamu'alaikum minna-san~ DAN SALAM BAPAK RUMAH TANGGA wkwkwkwkwkwkwkwkwkkwk.


ASSALAMU'ALAIKUM, NAMA SAYA TATSU MOHON MAAF LAHIR BATIN! (tunggu, itukan baju Santa :))


Comments

  1. wah gw penyuka anime sih mas, kalo ada review anime bagus pasti gw tonton :D.. menurut gw anime ini cocok di tonton pas lagi santai ya, soalnya jalan ceritanya juga bikin relax dan agak komedi ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, animenya buat santai. Nggak perlu mikir-mikir karena alurnya mengisahkan kehidupan yakuza taubat plus bumbu komedi. Cuman 5 episode juga, bang. layaklah buat di tonton

      Delete
  2. ya Alloh ngakak hid...grafik animasi ala ala power point dong dia kata....

    tapi iyaa bener juga sik...liat dari potongan potongan adegannya di situ gurat gurat penggambarannya aduh mak piye ya....hahahhaha...ya mungkinkah sepletat pletot crayon sinchan...walau dari segi cerita bagus dan kata si Syahid jos gandos mantab jaya wkwkkw... grafik animasinya itu emang bikin ber hmmmmmm panjang, karena kaya digambar sekenanya meski ternyata itu kemauan penciptanya ya...mungkin mau dijadikan ciri khasnya hahhahah

    untuk cerita yang modelannya dibikin strip strip dengan istilah cerpen...karena antar episode ke episode lainnya beda beda judul kurasa menjadi point plus sebab ga bikin bosan...ya macam cerita cerita ala kartun doraemon, shincan, dan lainnya yang beda beda judul. Dan ya ampun ku ngakak ga bisa bayangkan si tatsu yang mulanya sangar mantan gangster aka yakuza kok ya bisa alih profesi bisa momong anak tetangga segala...masak dan lainnya. Malah pernah main volley bareng tante tante??? istrinya juga karakter santuynya kuat banget hahahha...terlebih pas selintas ada karakter sempilan tapi bikin ngakak parah yaitu kucing gin. Jadi oenapsaran selucu dan senyleneh apa sih ni kucing kwkwkwkwkwkkwkw...

    seperti biasa nice review untuk anime hid....

    dan aku percaya iya iya kamu ga ngegigit kok kalau ada yang komen beda pendapat sama miminnya blog ini hahhahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang grafiknya kayak Power Point, banyak banget netizen yang kecewa sama animenya padahal waktu itu baru keluar teaser-nya doang. Tapi setelah mendengar pernyataan langsung dari komikus-nya ya apa boleh buat wkwk. Penikmat hanya bisa pasrah~

      Delete
  3. Ini bapak preman kalau udah urusan rumah tangga, cara dan pendekatannya memang beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya bang, bisa dibilang tampang preman tapi hati hello kitty babang Yakuza kita yang satu ini

      Delete

Post a Comment

Komen aja, saya gak gigit kok :3

Yang Lagi Rame