LKMM-TD 2021 Day 2 (Wawasan Kebangsaan) : NKRI BISA!!!!


Assalamu'alaikum minna-san~ konnichiwa~
Waduh kok pakai konnichiwa, nggak mencerminkan nasionalisme dan patriotisme, ok kalau gitu saya ulang deh. Assalamu'alaikum semua~ apa kabarnya nih? sehat kan? kuharap kita semua sehat selalu, aamiin.
Ok, melanjutkan postingan sebelumnya, masih di hari kedua. Kali ini materi yang dijabarkan adalah Wawasan Kebangsaan yang dibawakan oleh Kapten Ode Saepudin yang dimoderatori Abang Ketua BEM FT ULM. Tema pembahasan kali ini adalah “Penguatan Pendidikan Katakter Guna Mewujudkan Mahasiswa yang Kreatif, inovatif, dan Mandiri”. Seperti yang kita ketahui bahwa negeri kita tercinta yaitu Indonesia merupakan negara yang memiliki beribu-ribu pulau yang tersebar dari ujung Sabang hingga ujung Merauke, selain itu Indonesia merupakan negara yang diapit oleh dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik dan juga diapit oleh dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia (jujur waktu SD aku sempat bingung kenapa Australia juga disebut benua (sampai sekarang pun agak bingung, bukan bingung tapi udah lupa penjelasannya, bagi yang berbaik hati ingin menjelaskan bisa mengutarakannya melalui kolom komentar yang ada di bawah). Kemudian melihat keadaan orang Indonesia saat ini, sepertinya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami betul mengenai wawasan kebangsaan. Masih banyak individu yang selalu mementingkan kepentingan golongannya tanpa memikirkan golongan yang lainnya, masih banyaknya isu-isu SARA bertebaran diberbagai media baik melalui media tulisan, suara maupun video (grup WA keluarga biasanya nih) dan masih banyaknya orang-orang yang meniru kebudayaan lain tanpa menyaring baik dan buruknya. Ada tiga unsur yang membangun wawasan kebangsaan, yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan, serta semangat kebangsaan.


Indonesia sendiri saat ini memiliki 4 pilar penting yang harus selalu kita jaga, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Jikalau salah satunya rusak, maka rusak pula nilai-nilai yang lain. Karena itulah pentingnya materi wawasan kebangsaan ini disampaikan kepada anak-anak muda yang dalam kurikulum pendidikannya yang sekarang sudah tidak terlalu ditekankan nilai-nilai dari Pancasila yang menjadi ideologi bangsa ini. Jujur aku sangat suka pembahasan-pembahasan yang di bahas pada hari kedua kemarin, benar-benar da best parah saling melengkapi satu sama lain. Materi yang satu membentuk karakter mahasiswa dari sisi religius yang satu lagi dari nilai-nilai ideologi bangsa. Yang paling kusalut adalah materi SKEMA yang materinya dipisah-pisahkan, ada zoom khusus agama Islam, ada zoom khusus Kristen, ada zoom khusus agama Hindu dan Buddha. Bagi kalian yang kepingin membaca materi SKEMA agama Kristen, bisa saja untuk berkunjung ke blog temanku bernama Mario Paska Wahyudi Tanujaya (link blog). Yang menjadi sahabat baru aku di bangku perkuliahan.


Kesanku terhadap acara kali ini sangat-sangat-sangat senang sekali, penyampaian dari Kapten Ode Saepudin benar-benar memberikan dampak positif untuk kami mahasiswa terlebih aku untuk mencintai tanah air, saling bertoleransi kepada sesama, saling bersahabat dan menguatkan jiwa nasionalisme di dalam jiwa dan raga ini. Akhirul kata, wassalamu'alaikum dan salam NKRI!


Comments

Yang Lagi Rame