LKMM-TD 2021 Day 3 (EFTALK) : Gak Tau Mau Ngasih Judul Apa, Intinya Raihlah Mimpi Anda!


Assalamu'alaikum minna-san~ Konnichiwa desu~
Balik lagi di LKMM-TD Series setelah sebelumnya vakum selama satu minggu, kali ini aku bakal nyeritain apa aja yang ada di LKMM-TD edisi EFTALK. Bagi yang gak tahu EFTALK, EFTALK kayak sejenis ngobral-ngobrol perihal kepemimpinan dan wirausaha bersama narasumber yang sudah lama bergelud di dua bidang tersebut. Seperti biasanya, acara ini dilakukan secara daring melalui via Zoom Meeting dan di awal acara dimulai dengan menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya. Pada awalnya acara direncanakan pukul 08.15 WITA sudah mulai, namun ternyata malah molor karena ada kendala teknis hingga jam 08.50 WITA.

Materi pertama, materi kepemimpinan yang disampaikan oleh Ibu Ir. Hj. Puspa, beliau menjelaskan banyak hal dari teori-teori dari kepemimpinan, dasar-dasar kepemimpinan, gaya kepemimpinan, karakter pemimpin yang baik, sifat-sifat kepemimpinan, keahlian yang harus dimiliki seorang pemimpin, sikap pemimpin dalam menghadapi sebuah masalah dan tantangan-masalah pribadi dalam menjadi seorang pemimpin. Beliau juga menambahkan kalau perempua juga jangan mau kalah dengan laki-laki dalam perihal kepemimpinan, melihat dari latar belakang dan pengalaman yang beliau ceritakan bahwa ia sering menjadi seorang pemimpin walaupun ia seorang perempuan.

Sc : pascalmwiemers (pixabay)

Setelahnya dilanjutkan ke materi kedua yang dibawakan oleh Kakak Fajar Saputra yang menyampaikan materi tentang Enterpreneur, Wirausaha dan Bisnis. Dalam materi yang kakak bawakan, bahwa seorang enterpreneur terbagi menjadi 3 jenis, yaitu enterpreneur jalur nasab (keturunan), enterpreneur jalur nasib dan yang terakhir bukan jalur SNMPTM maupun SBMPTN apalagi jalur pemuda tersesyat, yaitu jalur design (dirancang sejak awal). Kak Fajar jug menjelaskan kalau yang terpenting dari seorang Enterpreneur adalah skill, kreatif, keinginan kuat dalam belajar dan pantang menyerah.

Kesanku terhadap acara LKMM-TD EFTALK Edition ini benar-benar positif, aku suka dengan pembahasannya walaupun sedikit agak condong ke perempuan untuk materi kepemimpinan. Kurasa sampai di sini saja perjumpaan kita dahulu (anjay), ya nggak juga sih soalnya hari ini dua kali post (LKMM-TD FGD Edition). Jadi sampai jumpa di postingan selanjutnya~ 

Comments

Yang Lagi Rame