LKMM-TD 2021 Day 2 (SKEMA) : Alhamdulillah

Assalamu'alaikum minna-san~ konnichiwa~
Bagaimana nih kabarnya? baik kan? kuharap baik selalu ^^
OK, kali ini kita bakal melanjutkan petualangan kita di LKMM-TD Series (anjaaayyy). Kegiatan LKMM-TD kali ini dilaksanakan menjadi dua sesi pembahasan, yaitu SKEMA dan Wawasan Kebangsaan. Nah, aku bakal jelasin dulu, apa sih itu SKEMA? SKEMA merupakan singkatan dari Studi Keagamaan Mahasiswa, yang secara singkatnya kubilang kalau ini webinar atau mungkin dakwah online untuk mahasiswa Fakultas Teknik ULM. Pembahasan ini dibawakan oleh Ustad Akhmad Saberin dengan tema Characterism in Religion (Karakter dalam Beragama (bener gak sih terjemahannya, kemampuan bahasa inggrisku masih ampas banget haha)).

Mula-mula beliau menjelaskan mengapa kami harus mengikuti dan menyimak materi yang diberikan. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan gambar-gambar orang yang melakukan penyimpangan dalam beragama seperti melakukan tindakan terorisme atas nama agama islam. Selanjutnya dijabarkan pengembangan potensi peserta didik agar menjadi mahasiswa yang  :
  • Beriman dan Bertakwa ke YME
  • Berakhlak Mulia
  • Sehat
  • Cerdas
  • Cakap
  • Mandiri
  • Demokratis dan Bertanggung jawab
Awas ledakan!

Lalu dilanjutkan dengan materi nilai kesholehan ada 4 yaitu Toyib, Khoir, Ma'ruf, dan Ihsan.  Beliau menjelaskan pengertian masing-masing nilai kesholehan tersebut disertai dengan contoh berupa video dan manfaat bagi kita yang menerapkannya di kehidupan. 

Kesanku mengikuti kegiatan SKEMA ini benar-benar sangat positif, setelah sekian lama akhirnya aku mendengarkan pemberian materi agama yang menurutku sangat worthy untuk didengarkan, beliau menyampaikan materi dengan semangat, fasih, detail, pembawaan materi nya juga sangat mantap, bahkan beliau menjawab pertanyaan dengan jawaban-jawaban mantap. Ucapan terima kasih saya ucapkan kepada Ustad Akhmad Saberin yang telah memberikan ilmu yang terkira jumlahnya kepada saya dan kakak BEM yang telah memasukkan studi keagamaan dalam rangkaian LKMM-TD (menurutku hal ini penting di zaman sekarang di mana banyaknya pengaruh globalisasi dan digitalisasi yang makin menggerus sisi kerohanian mahasiswa dan mahasiswi di kota-kota besar, memang tidak semua, tapi kalau dibiarkan bakal semakin menjamur dan membudaya di kalangan anak muda).

Kisah seri LKMM-TD Day 2 bakal berlanjut di postingan selanjutnya yang membahas tentang wawasan kebangsaan. Akhirul kata, wassalamu'alaikum minna-san~




Comments

Post a Comment

Komen aja, saya gak gigit kok :3

Yang Lagi Rame